Everyone is Connected

20120725

Apple Rahasiakan Aktiviti Aplikasi di iPhone

 


(Ist/Business Insider)

Youfacom.com - Pengguna iPhone tidak tahu apa yang dilakukan setiap aplikasi yang didownload terhadap data mereka. Itu sebabnya, aplikasi yang memberitahukan aktiviti aplikasi di iPhone bernama Clueful sangat bermanfaat bagi pengguna. Tapi kini, Apple malah menarik aplikasi tersebut dari App Store.

Clueful, yang dibuat oleh firma keamanan Bitdefender, sangat diminati karena membantu pengguna mengecek kalau-kalau ada aplikasi yang membahayakan data mereka. Terlebih lagi, Clueful mendapatkan 'cap' persetujuan Apple sehingga tersedia di App Store. Artinya, aplikasi ini aman dan terpercaya.

Menurut Bitdefender, Clueful mengidentifikasi aplikasi mencurigakan di iPhone. Clueful melihat aplikasi apa saja yang sedang berjalan di memori ponsel dan mengambil informasi audit dari Clueful Cloud.

"Informasi audit ini memungkinkan Anda tahu jika sebuah aplikasi mengambil daftar alamat, membagi informasi lokasi di mana Anda berada dan lain-lain," demikian keterangan Bitdefender seperti dilansir Read Write Web, Rabu (25/7/2012).

Clueful juga akan memberitahukan pengguna jika ada aplikasi yang terintegrasi dengan platform mobile analytic yang mengintai kebiasaan pengguna dengan aplikasi tersebut.

Mobile analytic adalah senjata ampuh bagi para developer. Informasi yang didapat, akan sangat berguna bagi mereka dalam memasarkan aplikasi dan merancang update.

Apple tidak mengemukakan alasan jelas atas penarikan aplikasi ini. Sementara itu, Chief Security Researcher di Bitdefender Alexandru Catalin Cosoi juga menolak komen tentang itu. Dikatakannya, ini adalah bagian dari perjanjian menjaga rahasia.

Dia hanya mengatakan, Bitdefender bekerjasama dengan Apple merancang ulang aplikasi ini lalu mengajukannya lagi ke App Store pada pekan depan. D

0 komentar: