Everyone is Connected

20120730

Hati-Hati 'Hampir Semua Gadget Android Disusupi Malware'

 




Youfacom.com - Menurut salah satu operator seluler terbesar di England, British Telecom (BT), hampir seluruh perangkat Android yang beredar telah disusupi malware dengan aktifiti tertentu.

"Kami telah menganalis 1.000 aplikasi Android dan menemukan sepertiga di antaranya terdapat malware, baik yang sudah aktif ataupun yang belum," kata Jill Knesek, Head of The Global Security Practice untuk BT.

Wanita yang juga pernah menjabat pakar keamanan cyber untuk Federal Bureau of Investigation (FBI) itu juga berpendapat bahwa hampir seluruh perangkat Android sudah terinfeksi malware, walau belum boleh dipastikan apakah porgram asing tersebut bersifat jahat atau tidak.

Namun dari sekian banyak ancaman yang terdapat pada smartphone, Knesek sangat memperhatikan sekali sistem keamanan ciri-ciri Global Positioning System (GPS) yang hampir ada pada semua smartphone.

"Boleh saja sudah ada wanita muda yang diintai, kemudian diperkosa atau dibunuh sebelum semua orang menyadari betul perlunya keamanan di GPS," imbuh Knesek, seperti Forbes beritakan, Senin (30/7/2012).

Apa yang didedahkan Knesek memang cukup mengerikan, apalagi jika malware yang ia maksud dibuat untuk mengintai penggunanya. Namun terlepas benar atau tidaknya pendapat pakar keamanan tersebut, tak dipungkiri lagi kalau jumlah program jahat untuk Android meningkat pesat seiring dengan jumlah penggunanya. D

 

0 komentar: