Everyone is Connected

20120730

Prototipe Rahasia iPhone Terungkap

 


Youfacom.com - Beberapa rancangan desain dibuat Apple di iPhone generasi pertama. Kini, para penggemar Apple dapat melihat sebagian rancangan iPhone original yang tidak jadi diproduksi karena berbagai faktor tersebut.

Laboratorium desain Apple dikenal sangat rahasia, bahkan susah diakses oleh pekerjanya sendiri. Namun kini, prototipe desain tersebut dimunculkan dalam dokumen pengadilan, di mana Apple dan beberapa vendor seperti Samsung saling gugat soal paten teknologi.

Hakim di pengadilan California, Lucky Koh, meminta para juri untuk melihat deretan gambar iPhone tersebut. Untuk menjadi salah satu bahan pertimbangan untuk memutuskan apakah Samsung memang meniru desain Apple.

Mau tahu prototipe awal iPhone yang akhirnya tidak pernah diluncurkan? Berikut beberapa di antaranya.

Persegi Panjang


Inilah salah satu rancangan awal iPhone yang dibuat sekitar tahun 2006, bentuknya persegi panjang tegas. Entah karena alasan apa, prototipe ini akhirnya ditolak pengembangannya dan tidak pernah diriliskan ke pasaran.

Terlihat wujudnya tebal dan tombol satu-satunya yang ada di bawah layar bertuliskan menu. Bahan pembuatannya tampak dari metal. Apple memilih tidak memakai desain ini dan mengeluarkan iPhone pertama dengan bentuk yang cukup jauh berbeda dari prototipe ini.

Bentuk Unik


Salah satu prototipe iPhone generasi pertama ini bentuknya nampak unik. Dengan sudut handset berupa lekukan tegas dan sisi-sisinya berwarna putih. Prototipe ini akhirnya juga tidak jadi diwujudkan.

Berbagai dokumen ini dipertunjukkan ke pengadilan sebagai bagian perang gugatan antara Samsung dan Apple. Apple sering menuding Samsung meniru mentah-mentah desain di smartphone dan tabletnya.

Jonathan Ive


Selain bos Apple, yang memegang keputusan final tentang desain produk Apple adalah Jonathan Ive. Pakar desain Apple ini dikenal sebagai perancang utama produk Apple yang melegenda seperti iPhone, iPod dan iPad.

Ive bekerja untuk Apple sejak tahun 1992 dan telah mencatat berbagai prestasi luar biasa. Ia adalah otak di balik desain perangkat revolusioner Apple seperti iPod dan iPhone.

Ive lahir tahun 1967 dan menyelesaikan pendidikan di Northumbria University jurusan desain industri. Dia sempat mendirikan sebuah perusahaan desain sebelum direkrut Apple yang menyukai hasil desainnya.

Kedatangan kembali Steve Jobs menahkodai Apple pada pertengahan tahun 1990-an membuat keduanya bekerja sama erat. Sebelumnya, Apple terancam bangkrut dan membuat Ive sedikit frust.

Kekuatan desain Ive dikombinasi dengan perhatian mendalam Jobs pada detail memang menjadi salah satu faktor utama kesuksesan Apple. Desain produk mereka selalu terlihat cantik dan elegan. D

0 komentar: