Everyone is Connected

20120724

Dock Diubah, iPhone 5 Tak Kompatibel Aksesoris Lama?


Ilustrasi (ist)

Youfacom.com - Rumor Apple akan mengubah dock di iPhone generasi terbaru menjadi lebih kecil dari ukuran sebelumnya. Jika benar terjadi, perubahan ini diyakini cukup berdampak pada para pembuat aksesoris iPhone.

Seperti Reuters infokan, Selasa (24/7/2012), sumber terkait menyebutkan bahwa iPhone 5 hanya punya konektor 19 pin dibanding sebelumnya 30 pin. Artinya, iPhone terbaru ini tak boleh terkoneksi dengan berbagai aksesoris lama seperti speaker.

"Konektor iPhone telah menjadi sebuah standar dalam waktu lama dan saya berharap hal yang sama juga akan terjadi di konektor yang baru, jika Apple memang mengubahnya," tukas Pete Cunningham dari biro riset Canalys.

Apple sendiri belum bersedia memberi komen tentang rumor ini. iPhone 5 atau apapun namanya nanti diperkirakan akan didedahkan sekitar bulan Oktober 2012.

Perubahan ini memang telah cukup lama dispekulasikan. Konektor 30 pin dipandang terlalu memakan banyak ruang, terlebih jika dibandingkan teknologi seperti microUSB yang hanya menyita sedikit tempat.

Konektor lebih kecil akan memungkinkan Apple punya lebih banyak keleluasaan untuk desain produk barunya itu. Kabarnya, colokan earphone yang sebelumnya di atas juga akan dipindahkan ke bawah.

Lalu bagaimana dengan pemilik aksesoris lama yang tidak kompatibel dengan konektor iPhone yang baru? Apple dinilai harus menemukan solusinya.

"Apple perlu menemukan solusi untuk tidak mengecewakan klien mereka yang ingin upgrade ke iPhone baru namun masih punya aksesoris mahal yang telah mereka beli. Saya yakin Apple akan memberi semacam adaptor sehingga iPhone yang baru boleh digunakan dengan konektor saat ini," tutur Francisco Jeronimo dari biro riset IDC. D

0 komentar: