Everyone is Connected

20120725

Tutorial BlackBerry untuk Tunanetra

Youfacom.com - Kini orang tiada penglihatan di seluruh dunia dapat merasa ponsel BlackBerry. Beberapa bulan yang lalu, Research In Motion (RIM) telah menanamkan ciri-ciri pembaca layar yang memungkinkan orang tiada penglihatan mengoperasikan BlackBerry memakai informasi suara.

Kali ini kita akan menunjukkan bagaimana caranya mengubah BlackBerry jadi ponsel siap pakai bagi tunanetra!

* Tipe yang disokong
Memang tidak semua ponsel BlackBerry dapat dipakai oleh orang(tiada penglihatan)tunanetra. Hingga saat ini ada 3 tipe yang dapat digunakan, yaitu Curve 9350 (CDMA), Curve 9360 (GSM), dan Curve 9370 (GSM/CDMA). Ketiga tipe tersebut memiliki keyboard QWERTY yang cukup nyaman ditekan, sehingga tunanetra tak akan kesulitan dalam mengoperasikannya.

Dalam proses pengujian, penulis menggunakan Curve 9350 dan Curve 9360.

* Instalasi
Untuk memasang pembaca layar ke BlackBerry, sambungkan BlackBerry ke komputer menggunakan kabel USB yang tersedia. Lalu, bukalah situs www.blackberry.com/screenreader dan ikuti langkah instalasi yang tertera pada situs tersebut.

Jika sudah selesai, pembaca screennya akan aktif dengan otomatic dan BlackBerry akan mengeluarkan suara. Langkah ini juga dapat dilakukan langsung menggunakan browser bawaan BlackBerry.

Perlu diketahui bahwa ia ada kesulitan memasang aplikasi pembaca layar untuk tunanetra di Curve 9350. Pada saat instalasi selalu muncul pesan kesalahan dengan kode 910.

Ia harus terlebih dahulu mencari ROM yang kompatibel, baru pembaca sreennya boleh dipasang. Jadi, disarankan, hindari tipe yang satu ini.

* Aplikasi yang dapat diakses
Hal pertama yang harus uji adalah ciri-ciri SMS dan telepon. Ternyata, pembaca screennya dapat membacakan isi SMS serta nomor telepon yang penulis sorot.

Lalu, lakukan penjelajahan pada antarmuka BlackBerry. Secara keseluruhan seluruh elemen yang muncul di layar pun dapat dibaca, selama elemen tersebut adalah teks.

Hanya saja, ia menemukan kesulitan saat menjelajahi bagian notifikasi, karena terkadang pembaca screen tidak membacakan notifikasi yang muncul atau yang penulis sorot.

Lalu bagaimana dengan aplikasi paling laris manis, yang tentu saja siap diserbu pengguna tunanetra? Hohoho, ternyata BlackBerry Messenger atau BBM pun dapat ditangani dengan baik oleh pembaca
Screen. Proses chat, mulai dari mengirim atau membalas pesan, semua dapat diakses dan dibacakan dengan baik oleh pembaca screen.

Sayangnya, pembaca screen belum dapat menangani dengan baik untuk menjelajah internet via browser bawaan BlackBerry. Kita harus bolak-balik menggeser trackpad kesana-kemari untuk menghapal letak elemen dari halaman yang tengah penulis buka. Hingga saat ini ia belum menemukan browser pihak ketiga yang dapat dipakai sebagai alternatif.

* Hal yang perlu diketahui tunanetra(orang tiada penglihatan)
- Navigasi pada Blackberry menggunakan trackpad, jadi berbeda dengan navigasi menggunakan tombol panah (atas bawah kiri kanan). Pengguna tunanetra harus membiasakan diri pada orientasi layar.

Maksudnya, trackpad bekerja seperti halnya mouse. Jadi, pengguna harus menggeser jari ke arah yang dituju. Jika cursor menyorot obyek tertentu, maka pembaca layar akan membacakannya.

- Sebaiknya ubahlah sensitivities trackpad ke posisi 50 atau 60. Karena di atas itu, cursornya akan lari-lari dan pengguna tunanetra akan kesulitan untuk fokus pada obyek yang ingin diakses.

- Selain itu, ubahlah setting sehingga di layar utama, icon atau obyek yang muncul hanya berada dalam satu baris (defaultnya 3 baris). Ini akan memudahkan tunanetra melakukan navigasi, cukup gerakkan trackpad ke atas dan ke bawah saja. DKeterangan lanjut baca dihttp://www.ramaditya.com penulis blog tunanetra!

 

0 komentar: