Everyone is Connected

20120727

NFC Boleh Digunakan untuk Meretas Ponsel

 


NFC di Nokia N9 (ist)

Youfacom.com - Fungsi Near Field Communication (NFC) yang belakangan banyak digunakan smartphone papan atas ternyata memiliki celah. Seorang hacker boleh mencuri data atau mengendalikan ponsel korbannya melalui ciri-ciri ini.

NFC sejatinya disematkan ke dalam smartphone untuk difungsikan sebagai 'dompet digital'. Pengguna boleh melakukan transaksi melalui ciri-ciri ini, atau melalukan hal menarik lainnya.

Perangkat NFC sendiri bekerja dengan memanfaatkan sinyal radio dalam jarak tertentu, pengguna harus menempelkan ponsel dengan ciri-ciri ini ke perangkat lain untuk mengaktifkan ciri-cirinya. Istilahnya biasa disebut tag.

Namun seorang hacker bernama Charlie Miller berhasil menemukan celah yang boleh digunakan untuk aksi jahat. Mulai dari sekadar mencuri data, hingga mengenali telepon untuk melakukan panggilan telepon dan mengirim SMS.

Seperti venturebeat infokan, Jumat (27/7/2012), Miller yang berprofesi sebagai konsultan keamanan internet mendemonstrasikan temuannya pada acara kumpul hacker Black Hat di Las Vegas, Amerika Serikat. Di situ ia menggunakan ponsel Nokia N9.

Di Nokia N9 pengguna boleh melakukan pairing dengan perangkat lain melalui NFC atau bluetooth, dan inilah celah yang boleh dimanfaatkan oleh hacker untuk melakukan aksinya.

Dengan beberapa trik Miller menunjukkan bahwa ia boleh terhubung dengan ponsel korbannya melalui NFC, dan menggunakan jaringan blutooth untuk mengambil data foto, video, atau dokumen lainnya. Kemudian boleh juga melakukan panggilan telepon dan mengirim SMS.

Namun Miller juga menambahkan bahwa serangan melalui NFC masih sulit dilakukan dalam kehidupan nyata. Sebab untuk melakukan aksi ini pelaku harus terlebih dahulu melakukan tag dengan ponsel para korbannya. D 

0 komentar: