Everyone is Connected

20120730

Hati-Hati! Convert Video YouTube ke MP3 'Berhadiah' Virus

 


Ilustrasi (Ist.)

Youfacom.com - Internet memang menyediakan berbagai aplikasi, termasuk untuk yang free. Namun awas, boleh jadi itu cuma jebakan yang berisi virus.

Sekarang, kembali marak situs yang menawarkan software converter untuk mengubah file berformat video menjadi MP3, dan boleh didownload secara gratis.

Terdengar seperti sebuah tawaran menarik bukan? Jangan gegabah dulu, itu ternyata hanya cara penjahat cyber untuk mengelabui calon korban.

Caranya dengan menyamar menjadi situs web, maupun aplikasi yang memiliki trafik tinggi di internet, lalu menggiring korban ke situs abal-abal, dimana Anda tidak akan mendapatkan apa yang Anda inginkan. Namun malah akan mendapat 'bonus' berupa malware (program jahat) gratis.

Lalu apa yang terjadi setelah Anda terkena scam? Berikut kita akan coba ikuti jejak dari salah satu contoh scam yang telah banyak beredar.

Berawal dari hasil pencarian di mesin pencari Google, salah satunya adalah link hasil pencarian yang merujuk langsung ke video YouTube yang berisi petunjuk tentang cara untuk mengkonversi video menjadi MP3. Setelah diklik yang muncul hanya screenshot dari video tersebut, yang mengarahkan untuk langsung masuk ke situs tertentu.

Gambar berikut adalah penampakan dari screenshot yang dimaksud:



Begitu masuk ke situs video yang direkomendasikan itu, selanjutnya akan dibawa ke situs yang sarat dengan javascript (tapi browser kita akan diblok), berikutnya akan muncul pemberitahuan bahwa kita harus mengisi survei dulu untuk boleh mendapatkan 'Kupon belanja sebesar $500', yang akan membuka download video converter secara gratis.

Jika notifikasi tersebut diikuti maka akan muncul tampilan sebagai berikut:



Kemudian setelah memilih untuk mengambil 'kupon belanja' tersebut dan kita mengklik 'download' file lalu akan muncul lagi notifikasi bahwa kita boleh mendapatkan kupon belanja dengan nilai yang lebih besar lagi yaitu '$1000'.



Setelah itu, setiap kita selesai mengklik continue, maka akan muncul tawaran-tawaran baru, dan form data pribadi yang harus diisi.




Halaman situs tersebut membutuhkan aplikasi javascript dan aplikasi lainnya, sehingga jika Anda menggunakan antivirus tertentu akan memicu peringatan bahwa website sudah pernah diblok dan sekarang mencoba mengirimkan tracking cookies.

Perlu disadari bahwa seberapapun kita ikuti notifikasi yang diberikan oleh situs, password yang ingin kita dapatkan tidak akan pernah ada. Kita hanya akan digiring ke sana ke mari dan tidak akan mendapatkan apa-apa.

Lalu apa untungnya bagi para scammer? "Pastilah keuntungan finansial," tegas Yudhi Kukuh, Technical Consultant PT. Prosperita-Mitra Indonesia.

"Scam ini bukanlah cara baru dalam mengacaukan kedamaian di dunia cyber, tetapi sekarang kembali marak dimanfaatkan untuk mencari keuntungan dengan menggiring user yang tergoda kesana kemari, agar banyak klik yang dilakukan dan traffic kemudian menjadi tinggi. Hasil akhir, keuntungan finansial bagi scammer," ia menambahkan.

Di samping itu, scammer selalu mengupdate scam platformnya disesuaikan dengan trafik potensial terbaru untuk semua hal di internet.

"Setelah mendapatkan informasi ranking situs tertinggi dari BlackHat SEO (BHSEO), selanjutnya setiap klik dari user, akan memberikan keuntungan finansial yang masuk ke kantong scammer. Meskipun user tidak mendapatkan 'free premium .mp3 player' (yang sarat mengandung malware) tetapi trafik ribuan pengunjung yang masuk ke situs scam pasti akan menghasilkan keuntungan," lanjut Yudhi.

Dan tentu saja, para calon korban yang masih boleh ditipu untuk mendownload video converter gratis, dengan membawa pulang bonus malware. 

0 komentar: