Everyone is Connected

20120723

'SiriBerry' Sindiran Bagi Asisten Digital di BlackBerry 10

 


BlackBerry 10 Dev Alpha (n4bb)

Youfacom.com - Sebuah video yang menampakkan ciri-ciri asisten digital di perangkat Blackberry 10 Dev Alpha dinilai sejumlah kalangan sebagai sesuatu yang positif. Namun di sisi lain, ada pula yang menyindirnya sebagai 'SiriBerry'.

"SiriBerry? BlackBerry 10 untuk developer dengan ciri-ciri perintah suara seperti Siri," tulis situs teknologi Venture Beat, mengomentari kehadiran ciri-ciri tersebut.

Venture Beat tentu punya alasan menulis kata-kata sinis demikian. Sebab, dalam video tersebut terlihat bahwa ciri-ciri asisten digital di BlackBerry 10 begitu serupa dengan ciri-ciri serupa bernama Siri besutan Apple.

Ia boleh diandalkan sebagai asisten pribadi digital yang dapat diminta untuk mencari suatu informasi atau melakukan sambungan telepon atau mengirim SMS dengan perintah suara.

Nah, ciri-ciri perintah digital di BlackBerry 10 sepertinya memang belum dikembangkan secara sempurna. Dalam video tersebut belum terlihat user interface dari aplikasi ini. Yang ada cuma suara dan keterangan di awal penggunaan 'say a command after the beep'.

Sementara suara asisten digital yang dimaksud menggunakan suara wanita yang jika didengar sekilas sangat serupa dengan yang ada di Siri Apple. Tak pelak, ia disindir sebagai 'SiriBerry'.

Seperti disebutkan sebelumnya, 'SiriBerry' rasanya belum terlalu pintar. Sebab beberapa kali perintah suara yang dilontarkan tak memberi respons dengan baik. Misalnya saat diminta untuk mengirim pesan (SMS) atau melakukan panggilan (call) terhadap orang yang ada di daftar kontak.

Alhasil, user yang tampak di video harus mengucapkan kata 'cancel' untuk membatalkan niat SMS dan teleponnya tersebut. Tapi bagi saya(youfacom) ia sesuai dipanggil B-Voice or BB-Voice!

Berikut video demo dari N4BB tersebut yang boleh dilihat di YouTube:


 

0 komentar: