Everyone is Connected

20131125

Microsoft akan Satukan Tiga 'Windows' OS

Youfacom.com - Saat menyebut sistem operasi milik Microsoft, raksasa software ini punya tiga nama ‘window’ yang harus dijelaskan. Ke depannya, Microsoft ingin ketiga jenis OS Windows buatanya ini tinggal dalam 'satu atap'.

Ketiga jenis OS Windows itu, yang pertama ialah versi reguler Windows yang didesain untuk prosesor Intel atau AMD di laptop dan komputer. Kedua, mereka juga punya Windows RT yang khusus dipakai perangkat berbasis ARM. Terakhir, ada Windows Phone yang diperuntukkan bagi smartphone.

Microsoft pun menyadari, penamaan OS kerap menimbulkan kebingungan Pelanggan. Itu sebabnya, perusahaan(syarikat)yang berpusat di Redmond, Wahington, AS, ini ingin membuat OS-nya boleh dikenal dalam satu wadah saja.

Indikasi ini tertangkap dalam pernyataan Executive VP Devices and Studios Microsoft, Julie Larson-Green. Menurutnya, sumber dari Ubergizmo, Suatu hari nanti Microsoft tak akan lagi punya tiga versi Windows, melainkan menyatukan ketiganya dalan satu brand.

"Kami punya Windows Phone, kami punya Windows RT dan ada full Windows. Kami tidak akan memiliki ketiganya. Kami juga berpendapat ada lebih banyak OS yang tidak berisiko terhadap daya tahan baterai atau keamanan. Namun itu mengorbankan fleksibilitas. Kami meyakini visi dan arah tersebut dan kami sedang melanjutkannya," ujarnya.

Baru-baru ini, di penjabat pusatnya Microsoft melakukan reorganisasi dengan menggabungkan tim Windows Phone dan Windows 8. Hal ini kemungkinan akan berdampak pada kemudahan membuat aplikasi bagi para developer, satu aplikasi untuk semua platform Windows.

"Kalau sekarang, package untuk Windows Phone dan Windows 8 itu beda. Developer codingnya sekali untuk logic codenya, kemudian dia buat user interface Windows Phone dia compile dan package untuk disubmit ke Windows Phone Store," kata Technical Evangelist Microsoft Indonesia Norman Sasono, beberapa waktu lalu.

Meski demikian, Norman mengaku tidak boleh memastikan kapan hal ini terwujud. Dia tidak menjelaskan lebih detail. "Kita belum ada konfirmasi apakah (ketiga OS Windows) ini akan jadi satu platform. Arahnya kita ke sana, tapi itu kan perlu waktu," tutupnya.d

 

0 komentar: