Everyone is Connected

20131128

Jolla,Smartphone Buatan Bekas Pekerja Nokia Mulai Dipasarkan

Youfacom.com - Smartphone buatan perusahaan rintisan (startup) milik mantan pekerja Nokia mulai dipasarkan. Jolla, demikian namanya, mulai dipasarkan di Finland hari ini, Kamis (28/11/2013), dan menyusul di negara-negara lain.

Jolla memanfaatkan platform MeeGo yang dikembangkan Nokia dan Intel beberapa tahun lalu, dan membuat sistem operasi smartphone berbasis Linux mereka sendiri yang diberi nama Sailfish.

Sumber dari situs V3, smartphone Jolla memiliki spesifikasi kelas menengah. OS Sailfish dijalankan oleh prosesor dual-core Qualcomm 1,4 GHz, memori 1 GB, dan media simpan file sebesar 16 GB.

Jolla memiliki ukuran layar 4,5 inci resolusi 960 x 540 pixel. Materi layarnya berbahan in-planeswitching (IPS) dengan teknologi anti-baret dari Gorilla 2 Glass.

Camera utama yang disandang berukuran 8 megapixel dan camera sekundernya 2 megapixel.

Pembeda utama Jolla adalah OS Sailfish yang menyokong antarmuka berbasis gestur. Antarmuka gestur tersebut dibangun untuk sokongan live multitasking. Terdapat wizard yang akan menuntun pengguna menginstal aplikasi, alih-alih bloatware preloaded seperti dalam Android.

Jolla juga menjanjikan update berkala untuk platform Sailfish, dan instalasinya boleh dilakukan secara over-the-air (OTA). Jolla juga mengintegrasikan teknologi peta dan lokasi milik Nokia.

Jumlah aplikasi menjadi kendala utama bagi platform baru. Seperti yang dialami BlackBerry dengan BB10-nya. Namun, pengguna Jolla boleh mendownload aplikasi Android dari store aplikasi Yandex dan menjalankannya.

Hal itu dimungkinkan karena terdapat runtime Android dalam Jolla yang disediakan oleh Myriad Group AG.

Smartphone Jolla dibanderol 339 euro (atau sekitar 540 dollar AS) di Finlandia. Perusahaan juga mengklaim telah mendapat pesanan di 136 negara.k

 

0 komentar: