Everyone is Connected

20151007

3D Touch iPhone 6S Boleh Diterapkan di Android


Youfacom.com - Teknologi 3D Touch yang diperkenalkan Apple di iPhone 6S dan 6S Plus disebut akan menjadi fitur standar tiap ponsel pintar di masa depan. Dan Synaptics mempunyai produk baru yang membuat teknologi tersebut boleh diterapkan di ponsel Android.

Produk tersebut bernama ClearPad 3700, yang merupakan sebuah kontroler layar sentuh. Fitur-fiturnya hampir sama dengan teknologi 3D Touch milik iPhone 6S, yaitu boleh mengenali tingkat tekanan dari jari pengguna.

Hal ini membuat para developer boleh memberi fitur-fitur terbaru dalam aplikasi buatannya. Seperti menekan agak dalam untuk melihat notifikasi, ataupun membuka menu shortcut, dan menekan lebih dalam lagi untuk membuka aplikasi secara penuh.

Saat ini ClearPad 3700 sudah mulai diproduk secara massal, dan diharapkan akan tersedia secara luas pada tahun 2016 mendatang. Itupun jika ada vendor ponsel pintar yang memanfaatkan kontroler layar sentuh buatan Synaptics ini di ponsel buatannya.

Wajar saja jika nantinya vendor pembuat ponsel pintar masih ragu untuk menggunakan ClearPad 3700 ini, karena belum terbukti bagaimana penerimaan pasar terhadap teknologi semacam ini, sumber dari Ubergizmo, Rabu (7/10/2015).

Padahal sebenarnya teknologi ini bukanlah barang baru. BlackBerry sudah pernah menghadirkan fitur serupa di perangkat smartphonenya.

Perusahan berbasis di Canada itu mengusung haptic feedback pada perangkat BlackBerry Storm pada 2008. Mereka menyebutnya teknologi SurePress. SurePress menjanjikan navigasi lebih cepat dan mencegah aplikasi tidak terbuka tanpa disengaja.

Cara kerjanya sendiri, jari pengguna akan menjadi kursor untuk navigasi. Ketika ingin membuka sesuatu, pengguna cukup menekannya agak dalam. Pengguna akan merasakan sensasi klik di permukaan layar, layaknya tombol mouse.d

0 komentar: