Everyone is Connected

20151026

Apple Patenkan Teknologi Pencegah Screen Ponsel Pecah


Youfacom.com - Screen pada smartphone adalah komponen penting yang mudah pecah. Kaca yang melapis bagian ini sering pecah atau retak setelah perangkat terjatuh dan mendarat persis di sisi muka.

Apple selaku pembuat salah satu smartphone terpopuler rupanya menyadari dan berusaha mencari solusi untuk permasalahan di atas.

Pembuat gadget asal AS itu belakangan diketahui mengajukan paten untuk semacam "teknologi pengaman layar" yang akan melindungi smartphone apabila terlepas dari genggaman pengguna.

Cara kerjanya, sebagaimana dirangkum dari BGR, Senin (26/10/2015), melibatkan empat lempeng "pegas" kecil yang disembunyikan di bagian-bagian tepi layar.

Sebuah sensor secara otomatic akan mendeteksi apabila ponsel terjatuh. Keempat pegas kecil tadi akan langsung muncul dan berfungsi layaknya "shockbreaker", mencegah layar mencium lantai sekaligus meredam guncangan.

Setelah sensor menyimpulkan bahwa smartphone sudah "aman", pegas pun disimpan kembali dengan sendirinya.

Meski terdengar menarik, seperti teknologi lain yang masih berupa paten, pengembangan mekanisme pengaman layar ini tak diketahui pasti. Masih belum jelas pula apakah ia akan benar-benar diterapkan di produk jadi atau tidak.k

0 komentar: