Everyone is Connected

20160803

Samsung Galaxy Note 7 Resmi Dirilis, Punya Pemindai Iris


Youfacom.com - Samsung akhirnya resmi melancarkan ponsel flagship keduanya di 2016 ini, yaitu Galaxy Note 7 dalam acara pelancaran yang digelar di Hammerstein Ballroom, New York, Amerika Serikat.

Seperti yang sudah dirumorkan sebelumnya, Samsung melewati angka 6, dari Galaxy Note 5 langsung ke Galaxy Note 7. Acara pelancaran ponsel ber-stylus ini mirip dengan saat Samsung merilis Galaxy S7, yaitu disaksikan menggunakan Gear VR. Samsung menyediakan sebuah Gear VR untuk semua orang yang hadir di acara pelancaran tersebut.

Salah satu fitur terbaru Note 7 adalah iris scanner, yang diklaim oleh Samsung jauh lebih aman dari sensor sidik jari. Pemindai ini boleh dipakai untuk mengunci aplikasi, foto, catatan dan berbagai konten lain yang tersimpan dalam folder terpisah dari data di ponsel.

Dan tentu saja, Note 7 masih dilengkapi dengan S Pen, yang menjadi fitur andalannya sejak Note generasi pertama. Kali ini stylus tersebut berfitur anti air, dengan sensitivity yang jauh lebih tinggi berbanding sebelumnya, termasuk sejumlah fitur terbaru lain, seperti fitur kaca pembesar dan penerjemah kata.

Note 7 menggunakan layar Super AMOLED 5,7 inch dengan resolusi 2.560 x 1.440 pixel alias QHD. Layar ini didesain melengkung pada kedua sisinya, sehingga meski berukuran besar tetap nyaman digenggam karena terasa tipis.

"Galaxy Note yang pertama diluncurkan lima tahun yang lalu, yatu 2011. Sejak itu perkembangan industri smartphone sudah sangat pesat. Dan saat ini, ponsel dengan layar besar adalah segmen smartphone yang pertumbuhannya paling cepat," ujar DJ Koh, Presiden Mobile Communications Business, Samsung Electronics saat acara peluncuran tersebut.

Lengkungan yang ada di bagian depan simetris dengan lengkungan yang ada pada bagian belakang ponsel. Oh ya, kaca pada bagian depan dan belakang ponsel ini juga sudah dilapisi dengan Gorilla Glass 5.

Jika sebelumnya seri Galaxy Note mempunyai spek yang lebih cepat berbanding seri Galaxy S, maka untuk Note 7 ini berbeda, karena Processornya boleh dikatakan sangat mirip dengan Galaxy S7. 

Yaitu tersedia dalam dua versi prosesor, Snapdragon 820 dan Exynos 8890, lengkap dengan RAM 4 GB. Sementara kapasiti storage internalnya adalah 64 GB, dan port charging USB type C, ponsel pertama Samsung yang menggunakan port tersebut.

Begitu pula dari sisi kamera, karena sama-sama menggunakan kamera 12 megapixel dengan lensa berbukaan f/1,7 dengan optical image stabilization dan teknologi sensor dual pixel untuk autofokus yang lebih cepat.

Fitur anti air dengan rating IP68 pun tersedia di Note 7, termasuk dengan slot MicroSD. Kedua fitur tersebut tak tersedia di pendahulunya, yaitu Note 5. Kini baterainya pun meningkat dari 3.000 mAh menjadi 3.500 mAh.

Note 7 diluncurkan dengan OS standar Android 6.0 Marshmallow, namun Samsung menjanjikan akan segera memperbaruinya ke Android 7.0 Nougat di masa yang akan datang.

Galaxy Note7 segera tersedia di pasaran pada 19 August dan akan ditawarkan dalam warna Blue Coral, Gold Platinum, Silver Titanium dan Black Onyx.

0 komentar: