Everyone is Connected

20120908

Apple Kurangkan Pesanan Komponen Samsung untuk iPhone 5


Ilustrasi (ist)

Youfacom.com - masalah hukum yang tidak berkesudahan antara Apple dan Samsung tampaknya mengganggu hubungan bisnes keduanya. Apple dilaporkan menurunkan pesanan komponen pada Samsung yang akan digunakan di iPhone generasi terbaru.

Sumber yang dikutip kantor berita Reuters menyatakan, Apple menurunkan jumlah order chip memory pada Samsung yang selama ini menjadi pembekal utama. Samsung memang menjadi penyedia utama komponen gadget Apple. Mulai dari prosesor, layar hingga chip memory (chip DRAM dan NAND).

Media Korea Economic Daily juga melaporkan Apple tidak memesan komponen chip memory Samsung yang digunakan pada iPhone 5 produksi tahap pertama. iPhone 5 atau apapun namanya nanti kabarnya diperkenalkan Apple pada 12 September.

Analisis dari biro riset Bernstein mengestimasi pembelian chip DRAM dan NAND Apple dari Samsung memang semakin menurun. Hanya mencakup 2,5% dari seluruh pendapatan Samsung di tahun 2012.

Apple tampaknya beralih pada vendor lain untuk menyediakan komponen di gadgetnya. Seperti produsen chip DRAM Elpida, layar dari LG Display dan baterai dari Panasonic.

Namun demikian, Samsung masih menjadi mitra sangat penting bagi Apple. Sebab seperti yang bersumber dari Reuters, Jumat (7/9/2012), Samsung adalah pembuat satu-satunya microchip yang digunakan di iPhone dan iPad.

Samsung memang dikenal sebagai produsen komponen dengan penjualan besar. Jumlah penjualan komponen Samsung diperkirakan boleh mencapai USD 13 miliar pada tahun depan, seperti perkiraan oleh riset Morgan Stanley.

0 komentar: