Everyone is Connected

20120930

HP Perkenalkan webOS 1.0

Youfacom.com - Awal tahun ini, Hewlett-Packard (HP) menjanjikan akan menghadirkan webOS di bulan September. Janji itu akhirnya dipenuhi HP dengan memperkenalkan webOS 1.0.

"Upaya kami dikombinasikan dengan komuniti open source serta kerja keras yang sudah terbayar, kini kami siap untuk bersama-sama melanjutkan ke tahap berikutnya," tulis tim HP di di blog webOS.

"Dengan merilis webOS 1.0, kami menegaskan komitmen kami dan menciptakan komuniti open source yang bersemangat," tambah mereka.

Bersumber dari TechRadar, di dalam webOS 1.0 ada 75 komponen berbeda, termasuk email, web browsing dan sokongan untuk Enyo 2. webOS 1.0 juga dibekalkan Open Embedded build yang memungkinkan pengalaman webOS secara penuh di dalam emulator OE.

Kabar ini juga kian menegaskan apa yang disampaikan CEO HP Meg Whitman beberapa waktu lalu yang mengonfirmasikan perusahaannya(syarikatnya)akan kembali lagi ke ranah smartphone dan bersiap mengembangkan produk baru.

Whitman mengatakan, HP harus ikut kembali bekerja menggarap smartphone, karena smartphone itu sendiri adalah perangkat komputer baru yang digunakan banyak orang saat ini. Dan komputer sendiri adalah arena di mana HP bekerja.

"Kami pada akhirnya harus menawarkan smartphone karena di banyak negara, smartphone adalah perangkat komputasi pertama kebanyakan orang," kata Whitman.

Sebelumnya, HP pernah begitu giat mengembangkan WebOS, sistem operasi mobile milik Palm yang dibelinya. Palm sendiri dikenal sudah mapan sebagai platform mobile.

Sayang, dana yang dikeluarkan oleh HP untuk membeli Palm senilai USD 1,2 miliar sia-sia, karena tak lama kemudian sistem operasi ini justru dilepas begitu saja. Namun kini, sistem operasi tersebut dirangkulnya kembali.d

 

0 komentar: