Everyone is Connected

20120908

Kindle Fire HD Ancam Apple iPad

 


Kindle Fire HD (reuters)

Youfacom.com - Amazon Kindle Fire generasi pertama sudah dianggap sebagai ancaman potensial Apple iPad, dengan harga murah dan kekayaan konten. Kini dengan kehadiran Kindle Fire HD, boleh jadi peluangnya lebih besar untuk memangsa pangsa pasar iPad yang masih dominan.

Kindle Fire original yang sudah ditingkatkan spesifikasinya, turun harga dan kini boleh dibeli mulai USD 159 di Amerika Serikat. Meski layarnya masih sama, Kindle Fire ini hadir dengan prosesor dual core dan RAM lebih tinggi.

Sedangkan versi baru Kindle Fire HD dengan spesifikasi cukup tinggi seperti prosesor dual core berikut layar HD boleh dibeli hanya USD 199. Sebagai perbandingan, iPad terbaru dijual mulai USD 499 di Amerika Serikat.

Harga agresif membuat Amazon sedikit menuai keuntungan, malah beberapa analis menyebut mereka menjual Kindle Fire dengan harga rugi. Amazon berharap mengambil untung dari penjualan konten online, dari game, buku sampai video. Apple di sisi lain, mendulang profit dari penjualan iPad dengan harga tinggi.

"Kindle Fire pertama mereka tidak cukup kuat. Sekarang, mereka sungguh siap menunjukkan line up perangkat yang sebagus line up layanannya. Mereka mencoba memadukannya dengan harga sulit ditandingi. Ini akan menekan semua pihak, termasuk Apple." kata James McQuivey, analis di Forrester Research.

"Amazon mampu menjual produk tersebut hampir sama dengan kos produksinya, sedangkan Apple punya profit margin 40% sampai 50% dan selalu berhati hati dengan margin tersebut. Karena Amazon mengupgrade produknya dan punya hardware kompetitif, mungkin saja ini akan mengkhawatirkan Apple," ucap Scott Tilghman dari Caris& Company.d

0 komentar: