Everyone is Connected

20120926

Aplikasi bernama TelStop Penangkal Bug 'Penghapus Data

Youfacom.com - Bug baru yang boleh menghapus data memang cukup mengemparkan, tapi jangan panik dulu. Di Google Play sudah tersedia aplikasi ampuh untuk menangkalnya.

Lubang yang baru ditemukan itu memang amat mengejutkan. Bagaimana tidak? Bug tersebut boleh menghapus data dengan seketika saat pengguna mengunjungi situs yang mengandung kode Unstructured Supplementary Service Data (USSD) untuk mereset ponsel.

Celah tersebut ditemukan di sejumlah ponsel Samsung Galaxy,HTC One X dan Motorola Defy. Tapi pengguna juga boleh langsung melakukan pengecekan melalui situs ini Klik di sini .

Lalu bagaimana cara menangkalnya? Pengguna yang menginstal dial pad dari pihak ketiga mungkin boleh menghindari bug tersebut, sebab sistem Android akan menanyakan terlebih dahulu sebelum mengeksekusi perintah dari kode yang diterima. Seperti gambar di bawah ini.

Tapi pengguna yang masih menggunakan launcher bawaan ponsel tak perlu khawatir, sebab di Google Play sudah tersedia aplikasi penangkal serangan USSD yang dibuat oleh Collin Mulliner.

Aplikasi bernama TelStop itu memang tergolong ampuh. Saat mengunjungi situs yang mengandung kode USSD sistem tidak langsung mengeksekusi, melainkan menawarkan opsi untuk membuka melalui dial pad atau aplikasi TelStop.

Jika memilih dial pad tentu saja, perintah USSD akan langsung dilaksanakan. Tetapi jika memilih TelStop, maka aplikasi tersebut akan menampilkan kode USSD yang disisipkan ke dalam web.

Selama belum ada update resmi dari penyedia ponsel, mungkin aplikasi free ini layak ditry. Mudah dan cukup bermanfaat.d

 

0 komentar: