Everyone is Connected

20120912

Smartphone Mana yang Lebih Tahan Lama Baterainya?

Youfacom.com - Persaingan di industri ponsel pintar tak cuma mengandalkan ciri-ciri dan desain menarik. Ia juga harus disokong oleh kemampuan baterai.

Tentu saja baterai yang memiliki daya tahan lama akan mendapat kredit tersendiri dari pengguna. Sebab perangkat tersebut akan boleh diandalkan sepanjang hari, ataupun untuk keesokannya tanpa harus terburu-buru untuk di-charging.

Di sisi lain, smartphone yang memiliki baterai lemah pastinya tak akan dilirik. Dijamin, pengguna akan dibuat kesal lantaran baru dipakai telepon, internet, atau mendengarkan musik/video sebentar, baterainya sudah habis.

Nah, situs teknologi Phonescopp dan Phonerena memiliki data menarik tentang kemampuan baterai yang dimiliki deretan smartphone yang saat ini sedang popular. Lantas ponsel mana yang lebih tahan lama? Simak datanya seperti yang diberitakan oleh Business Insider.

1- iPhone 4S




Secara umum, ponsel keluaran Apple ini diperkuat baterai dengan daya tahan talk time hingga 8 jam. Kondisi itu bahkan dengan asumsi perangkat ini terus-terusan dipasang dalam sambungan 3G.

Sementara jika sambungan dalam jaringan 2G, talk time iPhone 4S boleh lebih lama lagi, yakni 14 jam.

Selain dari sisi 'waktu bicara', iPhone 4S juga boleh diandalkan untuk Internet dengan 3G selama 6 jam nonstop. Adapun jika terhubung dengan WiFi, boleh selama 9 jam.

2- Droid Incredible 4G LTE




Droid Incredible 4G LTE diperkuat dengan baterai lithiumion berkekuatan 1.700 mAH, sehingga ia boleh bertahan talk time selama 9,6 jam.

Selain itu, perangkat ini juga sudah dibenamkan dengan prosesor dual core Snapdragon Qualcomm 1.2 GHz, dimana memiliki fitur untuk menghemat konsumsi power.

3- HTC One S




HTC One S memang memiliki kapasiti baterai yang sedikit lebih kecil berbanding Droid Incredible 4G LTE, yakni cuma 1.650 mAh.

Tapi jika berbicara soal kemampuan talk time, One mampu tampil lebih lama, 10,5 jam. Sedangkan Droid Incredible 4G LTE dengan 1.700 mAh punya talk time 9,6 jam.
Hanya saja baterai di One S non removable dengan mudah oleh si pengguna.

4- Galaxy S III




Ponsel andalan Samsung, Galaxy S III, ternyata memiliki kemampuan baterai yang tahan lama. Ia boleh bertahan talk time selama 10,8 jam.

Kemampuan ini berasal dari baterai lithium ion yang digunakan cukup besar, berkapasiti 2.100 mAh.


Galaxy S III juga dikatakan memiliki ciri-ciri penunjang penghematan energi. Misalnya, ketika ponsel ini disetting untuk 'hemat baterai' maka secara otomatic ia mengatur tingkat kecerahan di layar.

5- Galaxy Nexus




Galaxy Nexus yang merupakan besutan Google juga tak mau kalah untuk urusan daya tahan beterai.

Menurut data yang dilansir Business Insider, Galaxy Nexus versi CDMA memiliki lama talk time hingga 12 jam.

Perangkat ini dibekali dengan baterai lithium ion berkekuatan 1.850 mAh. Baterai yang digunakan juga bersifat removable.

6- Galaxy Appeal




Berada satu tingkat di atas Galaxy Nexus adalah Samsung Galaxy Appeal.


Pun demikian, baterai dari perangkat ini cukup kuat dengan talk time hingga 12,5 jam. Padahal baterainya cuma 1.300 mAh.

7- Motorola Droid 4




Baterai sebesar 1.785 mAh jadi kebanggaan Motorola Droid 4. Dengan modal tersebut, perangkat ini pun boleh bertahan talk time selama 12,5 jam.

Hanya saja, baterai lithium ion yang digunakan bersifat non removable, sehingga kurang membuat pengguna leluasa untuk mencabut baterai.

Selain kemampuan baterainya yang cukup besar, Droid 4 juga terbantu dari sisi penggunaan prosesor dual core 1.2 GHz yang memiliki teknologi penghemat baterai.

8- Droid RAZR Maxx & HD




Inilah ponsel yang disebut-sebut sebagai rajanya tahan lama kalau bab baterai. Droid RAZR Maxx mampu tampil impresif dengan talk time hingga 21,5 jam.

Kemampuan itu sejatinya wajar-wajar saja jika melihat baterainya yang berkapasiti 3.300 mAh. Sangat besar bukan?

Keperkasaan baterai juga dihadirkan oleh Droid RAZR Mxx versi HD. yang juga memiliki talk time 21,5 jam dan besaran baterai yang sama.

Disebukan bahwa pengguna Droid RAZR Maxx HD bisa menonton video lebih dari 10 jam,

 

0 komentar: