Everyone is Connected

20120919

RIM Sepakat Menandatangani Lisensi dengan Microsoft



BlackBerry (inet)

Youfacom.com - Menjelang pelancaran BlackBerry 10, Research In Motion (RIM) membuat kejutan. Perusahaan(syarikat)asal Kanada ini baru saja menandatangani kesepakatan lisensi baru dengan Microsoft.

Bersumber dari eWeek, BlackBerry melisenkan sejumlah paten Microsoft yang berkaitan dengan sistem file exFAT. Ini adalah cara memformat media penyimpanan flash untuk digunakan di perangkat mobile.

"Smartphone dan tablet saat ini harus boleh menampilkan data dan gambar lebih kaya berbanding ponsel biasa. Kesepakatan dengan RIM memperlihatkan betapa modern sistem file, seperti exFAT yang boleh langsung membantu kebutuhan spesifik pelanggan di ranah mobile," demikian pernyataan Microsoft.

Teknologi exFAT berdasarkan sistem file FAT yang sudah tersedia dalam beberapa bentuk sebelum MS-DOS. Versi terbaru, menurut Microsoft, mengakomodasi file yang lebih besar dari file sistem sebelumnya dan membuatnya lebih mudah diakses.

Dengan melisenkan paten exFAT, RIM bergabung dengan sejumlah pembuat handset, vendor flash storage dan perusahaan(syarikat)software yang lebih memilih untuk membayar lisensi berbanding harus menghadapi masalah hukum terkait dengan hak paten suatu saat nanti.

Paten yang ada di sistem file exFAT baru tampaknya lebih aman berbanding paten FAT. Sehingga banyak perusahaan(syarikat)berpikir, dengan melisenkannya adalah pilihan bijaksana. Selain RIM, perusahaan(syarikat)lain yang juga melisenkannya adalah Canon, Panasonic, SanDisk, Sanyo, Sharp dan Sony.

0 komentar: