Everyone is Connected

20120917

WWF Rilis Aplikasi Panduan Seafood di BlackBerry

Youfacom.com - Pengguna perangkat BlackBerry yang menyukai seafood Tampaknya Anda perlu mendownload aplikasi ini di Blackberry Anda. 

Saat ini WWF Indonesia memiliki sebuah aplikasi panduan hidangan laut yang mesra alam. Aplikasi bernama ‘Seafood Guide’ ini dapat digunakan oleh pengguna perangkat BlackBerry dan sebelumnya panduan serupa sudah penah dicetak dicetak dalam versi saku pada 2011.

Bersumber dari situs resmi WWF Indonesia, aplikasi Seafood Guide WWF Indonesia versi BlackBerry ini memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk mendapatkan informasi mengenai pilihan seafood yang sedang dipilih.

Pengguna dapat dengan mudah mengakses setiap jenis spesies dari masing-masing kategori seafood seperti “Pilihan Terbaik” yang berarti seafood tersebut dapat dimakan, “Pertimbangkan” yang berarti konsumsi seafood tersebut sebaiknya dipertimbangkan kembali, serta “Hindari” yang berarti seafood tersebut dalam status populasi yang sedang menurun drastis, serta sebaiknya konsumsinya dihindari.

Masing-masing kategori tersebut ditandai dengan tema berwarna hijau, kuning, serta merah secara berurutan.

Aplikasi ini juga memberikan kemudahan mencari lokasi terdekat bagi pengguna yang menyediakan seafood yang berkelanjutan. Selain itu, pengguna juga dapat menginformasikan lokasi yang menyediakan menu seafood tersebut.

Di bagian lain, pengguna juga dapat mencari resepi yang terkait seafood yang berkelanjutan, namun pengguna juga diperkenankan mengunggah resepi kegemarannya bagi sesama pengguna.

Direktur Program Kelautan WWF Indonesia Wawan Ridwan mengatakan, aplikasi Seafood Guide ini merupakan satu alternatif untuk mengajak masyarakat luas khususnya para penggemar seafood agar mau mengubah pola Pemakanan seafood dengan memperhatikan status populasi seafood tersebut di alam sebagaimana telah dijelaskan dalam aplikasi ini.

“Dengan mengubah pola pemakanan ini diharapkan dapat mengubah pola produk perikanan dari yang berorientasi profit semata menjadi bisnes yang berkelanjutan. Pelanggan dalam hal ini memegang peran penting untuk konsep pasar,” ujar Wawan.

Panduan pelanggan yang ramah lingkungan ini merupakan yang pertama kali hadir bagi pengguna BlackBerry, bukan hanya di Indonesia namun juga di dunia. Dengan pengguna Blackberry di Tanah Air mencapai 3.6 juta orang pada akhir 2011, WWF Indonesia optimis bahwa aplikasi ini akan mampu membawa perubahan pada sektor perikanan.

“Setidaknya pada akhir 2013 jumlah produk seafood yang ramah lingkungan di pasar dapat tumbuh menjadi 2,5% dari jumlah nol sekarang ini,” tambah Wawan.

Aplikasi Seafood Guide dapat didownload di AppWorld BlackBerry secara gratis. Dan dalam waktu dekat, WWF menjanjikan aplikasi ini juga dapat digunakan di smartphone berbasis Android.(Inilah)

 

 

 

0 komentar: