Everyone is Connected

20120927

Huawei Plan Buat OS Sendiri

 


smartphone Huawei (Ist/NDTV)
Youfacom.com - Huawei akan membuat sistem operasi (OS) sendiri, sebagai rencana cadangan jika sewaktu-waktu perusahaannya(syrikatnya)tak lagi boleh menggunakan OS Android Google atau Windows Phone Microsoft.

"Kami mengerahkan sumber daya untuk mengembangkan OS, berjaga-jaga kalau perusahaan(syarikat)software tidak membolehkan kami menggunakan OS mereka," kata CEO Huawei Wan Biao.

Bukan tanpa sebab, pernyataan Wan ini datang saat maraknya sengketa tentang OS mobile. Sebut saja Samsung yang menjadi penyokong utama Android harus jatuh bangun menghadapi tuntutan Apple.

Ada juga Google yang baru-baru ini berhasil memaksa Acer menghentikan sokongannya pada OS mobile milik Alibaba, Aliyun. Alasannya, sokongan terhadap Aliyun boleh menganggu kemitraan Acer-Google.

Seperti yang Cnet beritakan, boleh dikatakan rencana membuat OS sendiri adalah antisipasi Huawei menghadapi hal-hal semacam itu.

Wan sendiri mengatakan perusahaannya(syarikatnya)hingga saat ini masih tetap akan meneruskan sokongan mereka terhadap Windows Phone dan Android. "Apapun yang disukai pelanggan, kami akan kembangkan," ujarnya.

Huawei, meski sebagian besar bisnesnya masih seputar di ranah perlengkapan telekomunikasi, memperlihatkan pertumbuhan yang tidak boleh diremehkan di bisnes smartphone. Namanya mulai dikenal dan penjualan smartphonenya cukup baik sebagai pendatang baru.d

0 komentar: