Everyone is Connected

20150902

Menanti Kejutan Sony, Lenovo & Ponsel Windows 10


Youfacom.com - Meski sepertinya gelaran pameran gadget IFA 2015 bakal didominasi oleh jajaran smartwatch terbaru, bukan berarti tak ada yang menarik dari ranah ponsel. Sejumlah produsen kabarnya telah menyiapkan perangkat terbaru untuk unjuk kebolehan di ajang tahunan bergengsi ini.

Yang paling santer kedengaran adalah Sony, perusahaan Japan ini katanya bakal mengumumkan ponsel flagship terbaru yang punya segudang kelebihan. Namun Lenovo juga tak mau kalah. Kalau dari rumor yang beredar perusahaan China ini disebut telah menyiapkan dua ponsel jagoannya untuk unjuk kebolehan di IFA 2015.

Sementara itu produsen lainnya yang kabarnya bakal memamerkan produk anyarnya adalah Microsoft. Meski sifatnya masih tekaan belaka, bukan tak mungkin Microsoft akan mengumumkan ponsel pertama Windows 10 di acara yang digelar di Berlin, Jerman itu.

Jadi apa saja ponsel-ponsel yang bakal meramaikan IFA 2015? Berikut tebak-tebakannya.

1. Sony Xperia Z5

Entah disengaja atau tidak, laman facebook Sony Georgia sempat memposting foto undangan sebuah acara di IFA 2015, Berlin. Dalam foto tersebut tertera tanggal dan waktu digelarnya acara tersebut. Mereka bakal menghelat hajatan tersebut pada 2 September pada pukul 16.45 waktu Berlin.
 
xperia z5
 
Menariknya, Sony Georgia menambah keterangan perangkat yang akan diluncurkan dalam acara tersebut. Tidak lain dan tidak bukan adalah Xperia Z5. Dalam keterangan tersebut disebutkan meraka akan memperkenalkan tiga perangkat sekaligus, yakni Xperia Z5, Xperia Z5 Premium/Plus dan Xperia Z5 Compact.

Sony Georgia pun turut menuliskan spesifikasi masing-masing. Xperia Z5 Compact memiliki layar 4,6 inci dengan resolusi HD 720p. Sementara Xperia Z5 memiliki layar 5,2 inci dengan resolusi 1080p Full HD. Sedangkan Xperia Z5 Premium punya layar 5,5 inci dengan resolusi 4K 2160p UltraHD, dengan kerapatan 810-808 ppi.

Ketiga Xperia Z5 ini dibekalkan kamera mumpuni. Memiliki ukran 23 megapixel dengan PDAF autofocus yang super cepat, aperture f/1.8 dan ukuran sensor 1/2.2 inci. Selain itu ponsel ini turut dilengkapi dengan pemindai sidik jari untuk keamanan.

2. Lenovo Vibe X3

Lenovo tengah mempersiapkan penerus Vibe X2 yang menampilkan desain multi-layer yang lebih menarik. Lenovo Vibe X3 bakal memiliki layar 4,8 inch dengan resolusi Full HD 1920 x 1080 pixel. Ponsel ini ditenagai porsesor hexa core Qualcomm Snapdragon 808 dan RAM 3GB.
 
lenovo vibe x3
 
Lenovo menyediakan ruang penyimpanan internal cukup besar, yakni 32GB. Meski demikian, bila pengguna merasa kurang, tersedia slot MicroSD. Vibe X3 bakal memiliki kamera depan 7 MP untuk memaksimalkan selfie. Sementara di bagian belakang tersemat kamera 20 MP dengan dual LED Flash.

Untuk meningkatkan keamanan, Lenovo melengkapi ponselnya ini dengan sensor sidik jari. Ponsel berbasis Android Lollipop 5.1.1 ini jadi salah satu perangkat Lenovo yang kabarnya bakal diluncurkan di event IFA 2015.

3. Lenovo Vibe P1

Rumor mengenai ponsel Vibe P1 sebenarnya sudah menyeruak di event Mobile World Congress 2015 awal tahun ini. Lenovo dikabarkan akan merilis secara resmi ponsel berbaterai monster itu di IFA 2015.
 
vibe p1
 
Ponsel ini disebut memiliki prosesor octa-core 1,5 GHz, RAM 3 GB, ruang penyimpanan 16 GB dan Android Lollipop 5.1.1. Sedangkan kameranya memiliki kemampuan 13 MP di bagian belakang, dan 5 MP di depan.

Namun disamping kelebihan yang ditawarkannya tadi, daya tarik Vibe P1 sejatinya terletak di kapasitas baterainya. Jadi disebutkan Vibe P1 dibekalkan baterai dengan kemampuan monster sebesar 5000 mAh. Dengan baterai sebesar ini sepertinya Vibe P1 akan mampu bertahan sampai dua hari dengan satu kali isi ulang.

4. Microsoft Lumia 940 dan 940 XL

Adalah Lumia 940 dan 940 XL yang berpeluang diperkenalkan oleh Microsoft di ajang IFA 2015. Bila merujuk pada bocoran-bocoran yang beredar, sangat mungkin kedua ponsel ini yang akan pertama memakai Windows 10.
 
lumia 940

Kedua varian Lumia 950 disebutkan prosesornya pakai Snapdragon 808 berteknologi hexa core, yang dikombinasi dengan penggunaan RAM 3 GB. Lumia 950 juga dikatakan dibekalkan kamera PureView 20 MP.

Konektor USB-C mungkin juga pertama kali hadir di seri Lumia melalui ponsel ini. Hal itu terungkap dari penampakan bagian belakangnya yang sempat muncul beberapa waktu lalu.

Pun demikian, banyak juga yang menyangsikan kehadiran duo Lumia 940 ini di IFA 2015. Pasalnya juga beredar informasi kalau kedua ponsel baru akan dirilis pada bulan Oktober mendatang. Tapi informasi ini masih spekulasi, peluang Lumia 940 dan 940XL hadir di IFA 2015 masih dimungkinkan.
 
5. Huawei Mate S

Mate S akan jadi salah satu ponsel anyar Huawei yang akan diluncurkan di gelaran IFA 2015 mendatang di Berlin, Jerman. Dan sepertinya ponsel tersebut akan dilengkapi dengan teknologi Force Touch layaknya MacBook.
 
huawei mate s
 
Force Touch adalah teknologi yang boleh membedakan tingkat kekerasan tekanan yang diterima oleh touchscreen ataupun touch pad. Apple sebelumnya sudah mengimplementasikan teknologi ini pada touch pad MacBook keluaran terbaru.

Mate S adalah ponsel dengan layar 5,7 inch yang punya resolusi 1080p. Prosesornya menggunakan chip buatan Huawei sendiri, yaitu Kirim 935. Sementara RAM-nya akan berkapasiti 3 GB dengan storage 64 GB.

Mate S dilengkapi dengan baterai ekstra besar, dengan kapasiti 4.100 mAh, dan menjalankan OS Android 5.1 Lollipop dengan Emotion UI 3.1. Ponsel yang punya sensor sidik jari ini akan dibandrol oleh Huawei dengan harga USD 599. 
 
6. HTC 'Ganteng' Aero

HTC memamerkan sebuah poster yang menunjukkan bahwa mereka akan merilis sebuah ponsel terbaru pada 6 September mendatang. Ponsel ini disebut oleh HTC sebagai ponsel yang sangat ganteng.
 
htc aero
 
Ponsel yang dimaksud oleh Wang sepertinya adalah HTC One A9 'Aero'. Ponsel ini akan menggunakan prosesor 10 core buatan MediaTek, yaitu Helio X20, RAM 4 GB dan kamera belakang yang menyokong format foto RAW.

Kabarnya HTC juga akan mengimplementasikan lapisan layar 2,5D. Artinya ponsel ini akan punya layar dengan sensasi melengkung di bagian pinggirannya, persis seperti Galaxy S6 Edge.

Namun sebenarnya yang melengkung hanyalah lapisan layarnya saja, LCD di dalamnya tetap punya permukaan rata seperti layar ponsel pada umumnya.

Mengacu pada waktu peluncurannya yang akan dilakukan pada 9 September, boleh jadi HTC Aero akan dirilis HTC bersamaan dengan gelaran IFA 2015.d

0 komentar: