Everyone is Connected

20150913

Xperia Z5 yang Tahan Air Tapi Dilarang 'Kenapa'?


Youfacom.com - Salah satu nilai jual dari jajaran produk Sony Mobile tentu saja adalah fitur waterproof-nya, tak ketinggalan Xperia Z5 yang baru saja dilancarkan beberapa waktu lalu. Meski demikian, Sony malah melarang ponselnya dimasujkan ke dalam air.

Ya, melalui laman situs resminya Sony memberi sedikit cara agar pengguna Xperia Z5 tidak serta merta menceburkan perangkatnya ke dalam air. "Anda sebaiknya jangan membawa perangkat (Xperia Z5) menyelam atau mengenainya air laut, air garam, atau cairan isotonik. Penyalahgunaan perangkat akan menghaguskan warranty," tulis Sony Sumber dari laman Ubergizmo, Minggu (13/9/2015).

Hal ini tentu terasa sangat aneh, mengingat selama ini Sony kerap melakukan kampanye anti air dan debu pada setiap jajaran produk flagshipnya. Apalagi jajaran Xperia seri Z telah mengantungi sertifikat IP68, artinya perangkat tersebut bisa dicelupkan ke dalam air tawar selama 30 menit dengan kedalaman satu meter.

Pun demikian, dari kebijakan terbaru diketahui bahwa Sony ternyata hanya menguji ketahanannya itu ketika dalam kondisi mode standby. "Penilaian IP diperoleh di dalam laboratorium dalam kondisi mode standby, jangan gunakan ponsel ketika berada di dalam air," tulis Sony.

Dengan kata lain, Sony tidak menjamin perangkatnya aman dari kerusakan selagi digunakan ketika berenang dan mengambil foto di dalam air. Walau begitu, Sony mengatakan jika penggunaan ketika terkena hujan atau tertumpah minuman dirasa masih baik-baik saja.d

0 komentar: