Everyone is Connected

20150902

Pakai iPhone Jailbreak? Hati-Hati Ancaman Malware KeyRaider


Youfacom.com - Jika anda suka jailbreak iPhone? Mulai sekarang baiknya pikirkan dulu sebelum melakukannya, karena telah ditemukan sebuah malware yang mampu memberikan ancaman serius bagi pengguna iPhone jailbreak.

KeyRaider, demikian nama malware yang dimaksud. Tercatat sudah ada sekitar 225 ribu Apple ID yang berhasil dibobol oleh malware ini. Parahnya lagi, seluruh Apple ID tersebut juga dilaporkan 100% kena aksi fraud.

Malah di beberapa kes, iPhone jailbreak yang terinfeksi KeyRaider tak boleh di-unlock. Ada laporan si penyebar malware meminta tebusan kepada si pemilik iPhone kalau ingin ponselnya boleh diakses kembali. Bila tidak, tentu si pengguna terpaksa melakukan install ulang. Yang mana hal ini boleh semua data yang ada di iPhone tersebut berpotensi hilang.

Dengan melakukan jailbreak, sebuah iPhone memang jadi boleh melakukan hal yang tadinya dibatasi. Namun bersamaan dengan itu data-data penggunanya seperti Apple ID dan password-nya juga jadi minim perlindungan.

Tak cuma itu, bahkan malware juga boleh membobol identiti unik kepunyaan iPhone, sertifikat keamanan dan kunci untuk mengatur notifikasi push iPhone. Sehingga si penyebar malware boleh memberikan notifikasi palsu yang mampu menipu pengguna.

Terlebih lagi, iPhone jailbreak yang terkena KeyRaider juga boleh dicuri data AppStore-nya. Untuk kemudian datanya dipakai oleh si penyebar malware untuk download apapun di AppStore secara gratis sesukanya. Akhirnya tagihan kad kredit pengguna akan melambung.

Sejauh ini belum ada tanggapan dari Apple terkait KeyRaider, atau pun rencananya merilis patch untuk menangkal serangan KeyRaider agar tak semakin meluas.d

0 komentar: