Everyone is Connected

20150914

"Profile Picture" Facebook Boleh Terganti Secara Otomatic


Youfacom.com - Facebook menguji fitur baru pada penyematan foto profil (profil picture). Sumber dari TheVerge, pengguna boleh memilih "foto periodik" dan "foto permanen" untuk menampilkan diri di jejaring sosial tersebut.

Hal ini menanggapi banyaknya gerakan sosial atau isu massa yang bertebaran di internet. "Pengguna kerap menggunakan foto profil untuk menyokong satu isu, menggerakkan massa dan merayakan hari spesial. Makanya fitur ini kami kembangkan," kata perwakilan Facebook.

Selama ini, jika pengguna ingin menyokong suatu gerakan secara periodik, pegguna akan mengganti foto profilnya dengan poster yang mengindikasikan sokongan untuk gerakan tersebut.

Pada akhirnya, setelah gerakan tersebut tak lagi ramai di ranah maya, pengguna harus mengganti kembali foto profilnya ke foto semula. Ini akan merumitkan pengguna.

Pertama harus masuk ke Facebook, setting kembali foto profil baru secara manual dan foto itu akan kembali membanjiri lini masa teman.

Bagaimana jika pengguna terlalu sibuk untuk mengganti foto profil di Facebook? Tentu bakal tak efisien dalam waktu. Fitur ini diklaim boleh mereduksi waktu yang terbuang hanya untuk mengganti foto periodik ke foto semula.

Misalnya saat ingin mengutarakan sokongan politik terhadap kadidat kepala daerah. 
Pengguna boleh setting poster calon kepala daerah sebagai foto profil periodik. Setting waktu dimungkinkan dalam hitungan jam, hari, bahkan minggu.

Setelah jangka waktu yang di settings berakhir, foto profil otomatic kembali ke foto permanen. Contoh lainnya boleh digunakan untuk merayakan hari ulang tahun teman, hari jadi pernikahan, sokongan untuk tim olahraga, sokongan terhadap isu sosial dan isu-isu lainnya.

"Foto profil periodik memudahkan pengguna untuk mengekspresikan diri sesuai momen penting yang sedang terjadi tanpa perlu khawatir untuk membalikkan foto profil ke foto semula," kata Facebook.

Fitur ini masih terus diuji dan disinyalir akan hadir untuk semua pengguna Facebook di seluruh dunia dalam beberapa bulan ke depan.k

0 komentar: