Everyone is Connected

20150802

Cara Melindungi Smartphone dari Bug Paling Berbahaya, StageFright



Youfacom.com - Pasca ditemukannya bug OS Android paling berbahaya dalam sejarah, StageFright, banyak pengguna android dilanda kecemasan. Bagaimana tidak, lewat bug tersebut, seorang hacker boleh mengambil alih gadget Android hanya dengan mengirimkan sebuah pesan multimedia (MMS).

Untungnya, menurut lembaga keamanan Zimperium, belum ada hacker yang memanfaatkan bug StageFright untuk melakukan tindakan melanggar hukum. Google pun sudah menerbitkan patch update untuk memperbaiki lubang kerentanan StageFright.

Namun, bila Anda masih merasa cemas akan ancaman StageFright, ada cara sederhana untuk mencegahnya, yakni dengan menonaktifkan MMS di smartphone Android, Phone Arena (01/08).

Langkah pertama adalah masuk aplikasi Pesan (Messages) yang dilanjutkan dengan menu Pengaturan (Setting).

Langkah kedua adalah masuk ke opsi Pengaturan Lebih Lanjut (Advanced/More Setting). Di opsi ini, Anda boleh memilih bagian Multimedia messages (MMS).

Langkah ketiga sekaligus langkah terakhir adalah menonaktifkan pilihan menerima MMS dengan otomatic di bagian 'Auto-retrive'. Di beberapa smartphone Android, yang perlu Anda lakukan adalah menghilangkan centang di bagian Auto-retrive. Selesai!

Dengan cara ini, MMS yang masuk tidak akan langsung didownload oleh smartphone. Jika Anda mengenali si pengirim, Anda boleh mendownload MMS tadi, tetapi jika tidak, sebaiknya Anda tidak mendownloadnya.


0 komentar: