Everyone is Connected

20150801

Ultah ke-10, BlackBerry Bagi Stiker Gratis



Youfacom.com - BlackBerry memberikan stiker gratis yang boleh didownload di BBM Shop selama satu minggu untuk merayakan hari ulang tahun BlackBerry Messenger (BBM) yang ke-10 sejak pertama kali dilancarkan 1 August 2005 lalu.

Sumber dari blogBlackBerry, Sabtu (1/8/2015), saat pertama kali dirilis satu dekade lalu, BBM cuma dianggap aplikasi minor yang rencananya hanya sebagai pelengkap dari pelancaran BES 4.1. 

Tapi setelah beberapa pertimbangan, perusahaan Canada itu pun memutuskan untuk melancarkan BBM sedikit lebih awal. Otak di balik kelahiran produk instant messaging ini adalah Gary Klassen, yang saat itu menjabat Principal Architect BlackBerry.

Saat aplikasi ini resmi dilancarkan, Gary mengaku sempat gugup duduk di mejanya, menyaksikan ribuan orang mendownload versi 1.0 dari aplikasi yang awalnya bernama QuickMessenger itu.

Nama QuickMessenger itu pun akhirnya berubah menjadi BlackBerry Messenger, atau boleh disingkat BBM, setelah Jeremy Kettle yang ikut bergabung dengan tim pimpinan Gary, memberikan saran pada pertemuan awal mereka. 

Nama BBM pun akhirnya lebih mudah untuk disebut dan pada akhirnya jadi instant messaging populer. Saking tenarnya pada masa itu, nama BBM akhirnya ikut dimasukkan ke dalam kamus bahasa Inggris Collins Dictionary pada 2012.

"Kami bereksperimen dengan berbagai ide instant messaging. Jika kami menggunakan kombinasi PIN, dan mengemasnya dengan GUI (grafis antarmuka) yang baik, maka kami akan memiliki produk yang terbaik," jelas Jonathan Nobles, manajer produk pertama untuk BBM pada 2005 silam.

BBM pun akhirnya menjelma jadi instant messaging yang paling populer. Bahkan popularitinya ikut membuat BlackBerry laku keras setelah era Nokia dan sebelum kehadiran iPhone dan ekspansi Android.

Sadar sulit bersaing di lini handset, BlackBerry pun akhirnya membuat perjudian dengan melepas BBM ke para pesaingnya. Untungnya, perjudian itu masih berbuah manis. Sejak hadir di Android, iOS dan Windows Phone, penggunanya sekarang telah lebih dari 300 juta.

BlackBerry pun semakin gencar untuk memonetisasi layanan pesan instan ini setelah dilepas lintas platform. Pasalnya, setiap bulannya tercatat ada 700 juta permintaan iklan BBM. 

Setiap bulannya juga tercatat, ada lebih dari 1 miliar BBM Sticker yang dikirimkan dan diterima pengguna, seiring dengan 250 juta kunjungan penggunanya di BBM Shop. Jadi boleh dikatakan, aktiviti BBM benar-benar bikin jaringan BlackBerry makin sibuk.

Apalagi, ada 26 miliar pesan yang ditangani setiap harinya dengan rata-rata 8 detik pengguna BBM langsung membaca setiap pesan yang diterimanya dari notifikasi D ke R. Belum lagi, dari total pengguna BlackBerry yang ada, 70% atau 7 dari 10 di antaranya merupakan pengguna aktif. 

Well, selamat ulang tahun, BBM..

0 komentar: