Everyone is Connected

20150804

Layanan Selular Apple Mulai Diuji




Youfacom.com - Apple pernah diisukan tertarik untuk membuat layanan selularnya sendiri. Dan kini, Apple kabarnya tengah menguji layanan Mobile Virtual Network Operator (MVNO) tersebut.

MVNO adalah sebuah layanan telekomunikasi yang menyewa atau memakai spektrum frekuensi milik Mobile Network Operator (MNO) melalui suatu perjanjian bisnes.

MVNO dalam hal ini dapat hanya berperan sebagai reseller dari MNO atau boleh membangun infrastrukturnya sendiri yang dibutuhkan sesuai dengan teknologi dan izin spektrum frekuensi yang dimiliki oleh MNO.

Di Amerika Serikat, layanan MVNO milik Apple ini disebutkan bakal beroperasi di jaringan milik operator AT&T dan Sprint. Selain itu, mereka juga kabarnya melakukan hal serupa di Eropa, sumber dari The Verge, Selasa (4/8/2015).

Laporan yang sama juga menyebutkan kalau tujuan dari Apple menggelar layanan ini agar pengguna iPhone boleh mendapatkan layanan operator yang lebih baik.

Meski dirumorkan sudah mulai diuji, Apple tak akan merilisnya ke publik dalam waktu dekat. Layanan ini paling cepat baru tersedia untuk khalayak umum lima tahun dari sekarang.

Di bisnes yang sama, Google sebelumnya sudah memulai MVNO miliknya yang bernama Project Fi. Layanan tersebut boleh digunakan oleh para pengguna Nexus 6 di Amerika Serikat.

Hal itu dilakukan Google untuk membatasi pengguna Project Fi. Namun jika layanan ini sukses, bukan tak mungkin Google akan membukanya ke semua pengguna perangkat Android.

Menjalankan MVNO disebut adalah hal yang bagus untuk Google. Karena mereka boleh mengontrol pengalaman ber-android yang lebih baik tanpa perlu membebani operator selular.d

0 komentar: