Everyone is Connected

20150806

Hati-hati! Sensor Sidik Jari di Android Mudah di Pecahkan



Youfacom.com - Biasanya, sensor sidik jari digunakan untuk memberikan keamanan tingkat tinggi bagi pengguna ponsel Android. Tapi itu cerita lama, karena peneliti keamanan telah mengungkap bahwa pemindai sidik jari dapat dengan mudah dipecahkan.

Adalah Tao Wei dan Yulong Zhang yang mendedahkannya di Konferensi Keamanan Black Hat. Bahkan menurut mereka, cara yang digunakan pun tak susah-susah amat, menembus sistem keamanan sidik jari di Android boleh dilakukan menggunakan malware atau metode serangan backdoor.

Menggunakan kedua cara, baik Wei dan Zhang mengaku berhasil memecah pemindai sidik jari kepunyaan HTC One Max dan Galaxy S5. Setelah berhasil menyusup, kedua peneliti lantas boleh menghapus data sidik jari yang telah tersimpan untuk selanjutnya mengakses ponsel itu sendiri.

Mudah dipecahkannya pemindai sidik jari di Android disebutkan karena sistem tidak punya perlindungan terhadap komponen pemindai sidik jari tersebut berikut datanya yang tersimpan. Berbeda dengan Touch ID kepunyaan iPhone, pun meski ponsel buatan Apple ini juga berhasil ditembus pemindai sidik jarinya, iOS mengunci data sidik jarinya dengan crypto key. Yang mana butuh tenaga ekstra untuk boleh menembusnya.

Memang untuk mengatasi ancaman ini pengguna Android boleh dengan mudah memindai sidik jari dari jari lainnya, tapi peluang untuk boleh dipecahkan masih tetap terbuka. Untungnya seperti yang dilaporkan oleh Engadget, Kamis (6/8/2015), produsen ponsel bergerak cepat menangani permasalah ini. Patch keamanan telah dirilis untuk mengatasinya.d

0 komentar: