Everyone is Connected

20160415

7 Kesalahan Memilih Password yang Buat Akaun Anda Mudah 'dipecahkan'


Youfacom.com - Maraknya berbagai kes peretasan, membuat pemilihan password adalah hal paling penting dalam kegiatan digital. Memilih password yang buruk, layaknya memilih pintu dengan kunci yang buruk, sehingga mudah dibobol maling.

Hanya karena akaun Anda tak pernah dibobol, bukan berarti Anda jadi sembarangan untuk memilih password bukan? Satu kali password akaun Anda terteka oleh hacker jahat, boleh jadi email, akaun bank. dan berbagai akaun lain jadi rentan kena retas.

Meski kini sudah banyak dikembangkan sensor pemindai sidik jari, hingga sensor mata, teknologi ini masih belum mencakup banyak hal penting. Password tentu masih jadi andalan, padahal para peretas juga makin canggih dalam membobol akaun yang bahkan terkunci dengan rapat.

Jika Anda masih menggunakan password yang mudah diteka seperti '123456,' 'password,' hingga 'qwerty,' saatnya Anda menggantinya.

Berikut adalah beberapa hal yang jadi kesalahan dalam membuat password. Pelajari dan hindarkan diri Anda dari kesalahan-kesalahan berikut kapanpun Anda membuat password baru untuk akun Anda.

1. Password yang sudah jelas

Meski password ini sangat mudah untuk diketik, tipe password seperti ini sangat mudah untuk diteka pula. Biasanya urutan angka seperti '123456' atau urutan huruf di keyboard seperti 'qwertyuiop' adalah pilihan mudah untuk membuat password yang mudah diingat.

Namun jangan lakukan ini, karena password tak seharusnya diketik dengan mudah. Jika Anda adalah seorang pelupa, catat password setiap membuat yang baru.

2. Password 'default'

Ada beberapa akaun yang secara 'default' memiliki username dan password yang sama. Biasanya username 'admin' dengan password 'admin,' atau username 'admin' dengan password 'password.' Sayangnya, seseorang yang terlalu malas mengganti dan membiarkannya seperti itu, adalah peluang besar para hacker untuk membobol akaun mereka.

3. Password pendek

Salah satu aspek penting dalam membuat password yang tidak mudah diteka adalah membuatnya panjang. Makin panjang, terlebih dengan variasi huruf, angka, dan simbol, makin sulit dipecahkan.

Jadi logicnya, tak ada password yang lebih buruk dari password yang pendek. Jika password Anda saat ini masih 4 karakter, ubahlah jadi karakter yang sebanyak-banyaknya. Gunakan kreativity Anda sesekali untuk mengelabui hacker agar tak boleh membuka akaun Anda.

4. Password tanpa angka dan simbol

Password yang panjang memang lebih baik daripada password yang pendek namun mengandung angka dan simbol. Namun untuk menambah faktor keamanan, buatlah password Anda panjang dan diwarnai angka dan simbol.

Mungkin 'aywiresufzklthfrs' adalah password yang bagus. Namun password 'ayw4r2s8f8kl43f2s' jauh lebih bagus. Namun akan lebih bagus lagi jika Anda menggunakan password seperti 'a!w4_2s8#8kl43f2%.'

5. Pergantian huruf ke angka

Jika Anda ingin menggunakan password yang mengandung angka, jangan terapkan cara sederhana dengan mengganti huruf dengan angka. Contohnya seperti 'office' jadi '0ff1c3.' Hal ini memang sedikit lebih kuat dari aslinya, namun ada kalanya password seperti ini juga mudah dibobol.

Hal ini dikarenakan para hacker sudah faham dengan perilaku ini. Sehingga jika mereka ingin membobol akaun Anda, cara ini akan coba mereka lakukan. Misalnya jika nama Anda Daniel, tentu password D4n13L sangat mudah diteka.

6. password yang dibuat dari informasi personal

Jangan sekalipun gunakan informasi personal untuk sebuah password. Terlebih lagi nama dan tanggal lahir Anda. Password yang terbaik justru tak berkaitan sama sekali dengan Anda.

Selain itu, jangan gunakan hobi Anda juga. Misal nama pemain bola kesukaan Anda, atau nama aktris yang Anda sukai di sebuah film. Hal ini secara psikologis akan dianalisa oleh hacker dan jadi salah satu opsi untuk membobol akaun Anda.

7. Password berpola

Tak akan ada yang menyangkal bahwa menulis password dengan menggunakan pola adalah hal yang paling umum dilakukan. Baik untuk password email, kunci layar smartphone, maupun 6 digit PIN ATM. Hal ini memang sangat menggoda karena kemudahan, dan kuatnya password yang dihasilkan.

Namun jangan gunakan pola yang terlalu mudah. Gunakan pola yang memang rumit. Anda akan termudahkan meski angka atau hurufnya tak perlu Anda ingat. Pola unik yang Anda buat tentu tak harus mempertimbangkan indahnya kombinasi angka, namun 'memori otot' lah yang bertugas mengingatnya.m

0 komentar: