Everyone is Connected

20160413

Facebook Ada Kamera 360?


Youfacom.com - Tak hanya menghadirkan fitur baru untuk video, Facebook pun merilis perangkat untuk memperkaya konten video, yakni kamera 360. 

Sumber The Verge, Rabu (13/4/2016), kamera 360 Facebook punya bentuk unik, mirip piring terbang. Sejumlah fungsinya antara lain boleh merekam video 360 derajat berdurasi dua jam, hingga 60 frame per detik. 

Kamera ini dibuat oleh Point Grey, produsen kamera untuk keperluan industri, ilmiah, medis dan aplikasi keamanan. Yang menarik, software yang dibenamkan di kamera adalah software open source 

Facebook juga bekerjasama dengan GitHub untuk software yang dibenamkan di kamera tersebut Sehingga di dalam kamera tersebut sudah dibenamkan software yang nantinya boleh diakses developer di GitHub. 

Banyak yang mengatakan, dirilis kamera 360 ini pertanda niatan Facebook memasuki bisnis kamera. Namun Chief Product Officer Facebook Chris Cox segera menampiknya. 

"Kami tidak akan menjual kamera. Tujuan Facebook adalah mempercepat pertumbuhan developer konten 3D 360. Mereka boleh mengembangkan desain dan kode, para pembuat konten pun boleh menggunakan kamera ini untuk memproduksi konten mereka," sebutnya. 

Meski tak menyebutkan harganya secara pasti, kamera 360 ini diperkirakan akan mahal. Karena untuk bahan mentahnya saja, engineer Facebook menghabiskan sekitar USD 30 ribu.d

0 komentar: