Everyone is Connected

20160418

Android N Ada Fitur Mirip 3D Touch iPhone


Youfacom.com - Google ternyata membenamkan sokongan terhadap fitur semacam 3D Touch yang ada di iPhone ke dalam Android N.

Fitur ini memang belum diberi nama oleh Google, namun kemampuannya kurang lebih sama dengan 3D Touch. Yaitu kemampuan mengenali tingkat kekerasan tekanan terhadap layar, agar boleh mengeluarkan menu-menu tertentu dengan tingkat tekanan yang berbeda.

Google menyebut kalau mereka menyediakan fitur ini karena banyak pengilang ponsel Android yang meminta kehadiran fitur semacam ini. Para vendor disebut ingin mengimplementasikan '3D Touch' namun saat ini belum ada sokongannya dari level sistem operasi.

Alhasil mereka bergantung pada developer pihak ketiga untuk menggunakan fitur '3D Touch' ini, contohnya Huawei, sumber dari The Verge, Senin (18/4/2016). '3D Touch' ala Android ini sudah mulai diimplementasikan oleh Google pada Android N versi developer preview yang kedua, terlihat dari adanya baris kode 'setDynamicShortcuts(List)'. 

Jika layar tak mempunyai fitur pressure sensitive, Google juga membolehkan layar di 'swipe down' untuk mengeluarkan menu-menu tambahan tersebut. Fitur ini dipamerkan oleh Phandroid yang bekerja sama dengan pembuat Nova Launcher, yang boleh dilihat pada video di bawah ini.



0 komentar: