Everyone is Connected

20150708

Unlock iPhone Hanya dengan Selfie




Youfacom.com - Apple saat ini mengandalkan Touch ID sebagai sistem keamanan perangkat iOS. Dengan Touch ID, pengguna boleh membuka akses (unlock) iPhone atau iPad dengan mensesuaikan sidik jari. Apple sepertinya akan mengeksplorasi cara baru untuk keamanan perangkat iOS. 

Sebuah paten yang dilaporkan Cult of Mac menyebutkan Apple kemungkinan akan menggunakan foto selfie sebagai metode unlock perangkat. 

Sumber Ubergizmo, Rabu (8/7/2015), paten ini pada dasarnya mendeskripsikan sistem yang mengharuskan si pengguna berfoto selfie untuk membuktikan bahwa benar mereka pemiliknya, sebelum mendapat akses ke perangkat.

Cara ini akan sedikit menyusahkan jika dibandingkan dengan metode sensor sidik jari. Kemungkinan Apple hanya akan menggunakannya sebagai backup alat verifikasi, atau boleh juga digunakan dalam proses verifikasi dua tahap. 

Ini bukan pertama kalinya Apple memperlihatkan ketertarikan dalam software pengenalan wajah. Di 2010, pembesut iPhone ini mengakuisisi Polar Rose, perusahaan asal Swedia yang dikenal dengan teknologi pengenalan wajah. 

Belum diketahui apakah Apple akan memakai paten ini. Jika diwujudkan pun, Apple bukan yang pertama melakukannya. Kompetitornya Google segera menerapkan sistem keamanan seperti bekerjasama dengan MasterCard. Foto selfie akan digunakan sebagai otentikasi pembayaran mobile di ponsel Android.d

0 komentar: