Everyone is Connected

20121008

Jangkaan Ciri-Ciri Baru di Android 4.2

Youfacom.com - Seiring makin gencarnya isu kemunculan Google Nexus terbaru, beredar juga sejumlah spekulasi yang membicarakan tentang ciri-ciri terbaru di Android 4.2.

Google Nexus yang kabarnya dirilis Oktober ini memang tak hanya diperkuat oleh spesikasi tinggi, tapi juga memiliki sistem operasi Android yang paling baru, 4.2.

Tak banyak memang yang boleh dibahas tentang kecanggihan sistem operasi ini, sebab Google pun belum secara resmi menegaskan keberadaannya. Pun begitu tetap saja banyak pecinta Android yang penasaran.

Penyempurnaan Google Now

Android 4.2 yang banyak war-warkan tampaknya tidak akan banyak berubah dari Jelly Bean, sebagian besar ciri-ciri di sini justru hanya optimalisasi dari generasi sebelumnya.

Untuk Google Now misalnya, di versi yang belum ada namanya itu kabarnya semakin senang dipakai. Saat ini asisten digital penantang Siri itu memang hanya sebatas terintegrasi dengan mesin pencari Google dan sejumlah aplikasi bawaan sistem.

Di Android 4.2 Google Now akan mencakup area yang makin luas, lebih bagaimana pengguna mengendalikan sistem melalui perintah suara. Misalnya, Anda boleh mengucapkan "How do I turn down the brightness," atau boleh juga perintah sederhana lain yang terkait dengan sistem.

Selain perubahan itu Google Now boleh dioperasikan seperti versi saat ini, boleh diperintah membuat alarm, meramal cuaca, mencari tempat sesuai dan sebagainya.

Interface Yang Semakin Beragam

Perubahan yang cukup signifkan justru dari cara mengubah tampilan. Ya, saat ini mungkin pengguna banyak dimanjakan oleh interface dari berbagai vendor, HTC Sense UI, Samsung TouchWiz UX, Moto Blur dan beberapa vendor besar lainnya. Tapi bagaimana jika itu semua disediakan dalam satu wadah?

Di update terbaru Android nanti rumornya semua vendor tersebut akan diberi tempat untuk memasukkan interface andalan mereka, jadi pengguna Android tak hanya terbatas oleh satu tampilan saja.

Baterainya Lebih Jimat

Perubahan lain adalah kehadiran ciri-ciri baru bernama Project Road Runner, yang dikembangkan berdasarkan Project Butter di Jelly Bean.

Tak banyak yang boleh dibeberkan pada ciri-ciri ini, tapi yang jelas kehadirannya dirancang untuk membuat tahan lebih lama Baterainya. Alhasil, baterai pasti akan lebih jimat.

Google Play Lebih Personal

Google Play tampaknya juga ikutan ubah, nantinya di Play Store pengguna boleh melakukan pencarian aplikasi yang lebih personal sesuai dengan hobinya masing-masing.

Hingga saat ini seluruh ciri-ciri tersebut masih sebatas rumor karena belum dapat konfirmasi dari Google. Sedangkan situs androidandme yang mendedahkan semua ciri-ciri baru tersebut mengaku mendapat bocoran dari sumber yang boleh dipercaya.d

0 komentar: