Everyone is Connected

20121002

RIM Siap Tingkatkan Kapasiti BBM Groups

Youfacom.com - Tidak ada yang menafikan kalau BlackBerry Messenger (BBM) merupakan salah satu ciri-ciri yang membesarkan nama Research In Motion (RIM). Oleh karena itu, RIM terus berusaha memperkuat ciri-ciri ini dengan berbagai kemampuan baru.

Kemampuan baru tersebut banyak dibahas oleh T.A. McCann, VP Product Strategy RIM, yang banyak mengurusi ciri-ciri messaging di perusahaan(syarikat)asal Kanada tersebut, bersumber dari Pocket Flint.

Salah satu ciri-ciri baru BBM yang sedang dikembangkan adalah kemampuan dari BBM Groups. Saat ini, sebuah grup di BBM hanya boleh menampung 30 pengguna. Ke depannya, RIM berencana untuk memperbesar batasan tersebut.

Menurut Pocket Lint, ciri-ciri tersebut diadakan karena RIM sedang mencari kesuksesan yang sama dengan Twitter. Ciri-ciri grup ini mengizinkan penggunanya untuk mengirimkan pesan kepada banyak orang dalam sekali waktu.

Sebagai contoh, ciri-ciri grup ini banyak digunakan di Indonesia untuk berniaga. Para pemilik dan anggota grup yang berbagi informasi produk yang dijual di bagian ini. Diharapkan, untuk ke depannya, ciri-ciri ini tidak hanya maksimal untuk kegiatan berniaga saja, tetapi untuk kegiatan menyebarkan pesan, sama seperti seorang pengguna Twitter yang menyebarkan tweet kepada para follower-nya.

Menurut McCann, ada kemungkinan kalau BBM memiliki ciri-ciri video call. Selain itu, McCann tidak menutup kemungkinan adanya ciri-ciri pembuatan grup otomatic saat si pengguna berada di sebuah tempat.

Saat ditanya mengenai kemungkinan RIM dalam memberikan BBM keplatform lain, McCann menyatakan kalau RIM belum memutuskan apa-apa.

"Kami berpikir keras, tetapi belum ada rencana untuk 'menyerahkannya' ke perangkat atau platform lain saat ini," kata McCann.

Memang dengan menjual BBM ke platform lain, seperti Android, iOS, atau Windows Phone, pengguna BBM akan meningkat tajam. Namun, hal tersebut akan mengurangi alasan orang untuk membeli smartphone BB.

Saat ditanya, apa yang membedakan BBM dengan aplikasi messaging lain, seperti What's App, Facebook Messenger, dan Yahoo Messenger, McCann membanggakan ciri-ciri D dan R. Di ciri-ciri BBM, apabila pengguna mengirimkan pesan, maka akan terdapat sebuah tanda centang diiringi huruf D dan R. D untuk pesan yang telah terkirim (delivered) dan R untuk pesan yang sudah dibaca (read).

"Dengan BBM, kami memiliki pengalaman," lanjut McCann. "Salah satu ciri-ciri kunci kami adalah memiliki D dan R dan yang lainnya tidak melakukannya dengan cara yang sama."k

0 komentar: