Everyone is Connected

20160314

Concept N: Headphone Futuristik yang Tak Butuh Sentuh Telinga


Youfacom.com - Di event SXSW 2016, SONY membuat gebrakan baru dalam bidang audio. Sebuah konsep prototipe headphone dibuat produsen asal Japan  tersebut dengan mendobrak konsep headphone kebanyakan.

Sumber dari The Verge (13/3), Sebuah headphone yang namanya masih belum resmi yakni 'Concept N,' adalah headphone futuristik yang digunakan di leher dan audionya langsung mengarah ke atas, sehingga hanya pengguna yang dapat mendengarkannya. Perangkat yang tersambung dengan Bluetooth ini, adalah headphone pertama yang digunakan tanpa harus menyumpalkan sesuatu ke telinga kita.

SONY, yang merupakan pionir dalam industri teknologi audio, memang bertujuan untuk 'menata kembali'fungsi headphone yang harus memberi fasiliti pada jutaan jenis suara yang kini tersedia dalam musik. Ide dibalik headphone N ini adalah untuk membuat sebuah sistem dalam mendengarkan musik, di mana pengguna masih dapat mendengarkan suara di luar, namun tetap boleh mendengarkan musik dengan jelas.

Seperti contohnya jika kita mengendarai besikal, akan sangat baik jika kita tetap Boleh waspada dengan kondisi di sekitar, seperti kendaraan lain yang hon, namun kita tetap Boleh mendengarkan musik dengan jelas.

Headphone N dari SONY theverge.com

Perangkat ini juga dilengkapi dengan sepasang alat berbentuk kerucut yang dipasang di telinga. Meski bukan earphone, alat ini boleh digunakan jika Anda ingin mendengar musik secara konvensional layaknya menggunakan earphone. Kerucut yang berlubang diu tengahnya ini, juga tidak menghalau suara dari luar. Sehingga Anda bahkan boleh tetap berbincang sambil mendengarkan musik.

Headphone N juga muncul dengan kontrol suara, serta kamera. Sony memprogram sebuah komando respon suara yang diberi nama 'Arc.' Layaknya Siri di perangkat Apple.

Kita sudah banyak menemui aksesoris canggih seperti smartwatch ataupun gelang canggih, dan kini Sony melengkapinya dengan sebuah headphone yang digunakan layaknya kalung. Meski benda ini tak terlalu fashionable layaknya aksesoris canggih, paling tidak headphone N sangat terlihat 'high tech,' sehingga tak kalah kerennya.

Meski masih prototipe, perangkat ini sudah terlihat seperti perangkat yang sudah layak dijual. Namun SONY masih melabelinya dengan 'prototipe,' sehingga SONY pun masih belum memberi detil apapun tentang harga maupun tanggal resmi rilis.m

0 komentar: