Everyone is Connected

20160323

Teknologi True Tone di Layar iPad Pro 9,7 inch, Berguna Atau Tidak?



Youfacom.com - Apple menggunakan panel layar baru di iPad Pro 9,7 inch, yang mempunyai teknologi bernama True Tone. Apa itu True Tone?

Secara singkat, True Tone bekerja layaknya pengaturan white balance pada kamera digital. Yaitu mengukur temperatur cahaya pada foto yang dipotret, agar boleh menampilkan warna yang akurat.

Namun berbeda dengan kamera digital yang melakukan pengaturan itu untuk foto yang dipotret, True Tone akan menyesuaikan gambar yang ditampilkan di layar sesuai dengan temperatur cahaya di sekeliling layar.

Untuk mengukur keterangan dan temperatur cahaya, Apple membenamkan empat buah sensor dalam tablet tersebut. Sensor ini membolehkan layar untuk memilih warna putih dan tingkat kecerahan layar berdasar pencahayaan sekitar.

Ini sebenarnya bukan teknologi baru, karena sejak lama sudah banyak alat serupa yang berfungsi mengkalibrasi warna untuk layar komputer desktop, yang biasanya digunakan oleh para desainer, ataupun fotografer dan videografer agar monitornya boleh menampilkan warna yang akurat.

Apa itu berguna? Ada pihak yang menganggap bahwa True Tone ini mungkin akan sia-sia. Pasalnya mata manusia sudah dibuat sedemkian rupa agar boleh beradaptasi untuk mengkompensasi temperatur cahaya yang berbeda.

Namun tentu 'tuduhan' itu baru boleh dibuktikan sampai Apple mulai mengirimkan iPad Pro 9,7 inch ke para pemesannya, karena sampai saat ini belum ada yang menguji tablet terbaru itu, sumber dari Cnet.d

0 komentar: