Everyone is Connected

20160322

Liam, Robot Penghancur iPhone





Youfacom.com - Selain merilis iPad dan iPhone terbaru, Apple juga mendedahkan hal lain dalam acara yang digelar Selasa (22/3/2016) dini hari tadi. Salah satunya adalah Liam.

Liam adalah robot yang didesain untuk 'menghancurkan' iPhone, namun bukan dalam arti destruktif. Liam akan membongkar iPhone menjadi bagian-bagian kecil, terutama bagian-bagian yang masih berharga, seperti perak dan tungsten.

Robot yang lahir dari inisiatif baru Apple dalam hal lingkungan ini mampu mendeteksi bagian-bagian dari setiap iPhone untuk melepasnya dengan aman dan efisien, sehingga nantinya boleh recycle. 

Pengembangan Liam sudah dilakukan Apple selama tiga tahun lagi. Dan saat ini berfokus untuk membongkar iPhone 6. Apple ke depannya akan terus memodifikasi dan mengembangkan sistemnya agar mampu digunakan untuk perangkat-perangkat lain.

Langkah ini sepertinya jawaban Apple atas kritikan yang menyebut produk buatannya meskipun mempunyai desain yang bagus, namun sangat sulit untuk dibongkar dan didaur ulang.

Liam mulai beroperasi sejak bulan Februari, dan hanya membutuhkan 11 detik untuk membongkar iPhone 6. Bahan-bahan yang boleh diselamatkan dari proses itu antara lain adalah aluminum, tembaga, timah, tungsten, kobalt, emas dan perak.

Dengan kecepatan seperti itu, Liam boleh recycle jutaan iPhone tiap tahunnya, atau sebagian kecil dari total 231 juta ponsel yang dijual Apple pada tahun 2015, sumber dari Reuters, Selasa (22/3/2016).



0 komentar: