Everyone is Connected

20160628

Google Garap Smartphone Android Sendiri?


Youfacom.com - Sejauh ini Google belum pernah merilis ponselnya sendiri. Namun rumor terbaru menyebut raksasa internet itu tengah mempersiapkan Android yang langsung lahir dari tangannya.

Dalam membuat ponsel atau tablet, biasanya Google menggelar tender yang diikuti oleh kilang ponsel. Sebut saja varian Nexus yang digarap oleh banyak kilang, seperti HTC, Samsung, LG, dan Huawei.

Namun mengacu laporan The Telegraph, dikatakan bahwa Google memiliki rencana untuk merilis ponsel Androidnya sendiri tahun ini. Dan ponsel tersebut tidak masuk dalam varian Nexus, demikian sumber dari The Telegraph. Ini artinya Google akan menangani desain, software dan perakitan sendiri, dari awal sampai akhir.

Apa yang dilakukan oleh Google ini sama dengan apa yang sudah dilakukan oleh Apple dari tahun ke tahun, dimana perusahaan Cupertino itu terbiasa membuat hardware dan software sendiri. Dengan cara itu, Apple boleh mengontrol pengalaman pengguna lebih baik lagi.

Terutama dari segi sistem operasi, dimana iOS 9 saat ini menduduki lebih dari 80% perangkat. Berbeda jauh dengan Android 6.0 Marshmallow yang sekarang baru menjajaki 7,5% perangkat Android global.

Namun, rumor masihlah sebatas rumor. Belum ada tanggapan resmi dari pihak Google terkait kabar ini. Kalaupun memang jadi, ini sesuai dengan yang dikhawatirkan oleh Huawei beberapa waktu lalu. 

Dimana vendor ponsel raksasa China itu memutuskan untuk menggarap sistem operasi sendiri kalau-kalau Google mulai berpaling.

0 komentar: