Everyone is Connected

20160614

iOS 10 Bawa Lebih Banyak Fitur Baru


Youfacom.com - Perubahan besar hadir pada sistem operasi mobile milik Apple. Tak tanggung-tanggung, ada segudang fitur yang dihadirkan iOS 10. Apa saja yang baru?

"Ini rilis terbesar iOS yang pernah diberikan ke pengguna," klaim Craig Federighi, Senior Vice President Software Engineering di panggung WWDC 2016 di California, Amerika Serikat, Selasa (14/6/2016).

Fitur pertama adalah pengalaman pengguna. Apple mendesain ulang lock screen dengan menghadirkan notifikasi baru dan fungsi 3D Touch yang lebih luas. Control Center pun dibuat lebih simple.

Apple melakukan pembaruan asisten digitalnya. "Kami membuka Siri untuk para developer," kata Federighi dan langsung disambut sambutan meriah oleh para pengembang aplikasi yang datang di Bill Graham Civic Auditorium.

Kini Siri menyokong banyak aplikasi pihak ketiga. Kita dapat memintanya untuk mengirim pesan lewat WhatsApp, memesan Uber, mencari foto, mem-pause workout di Runtastic hingga melakukan panggilan VoIP lewat Skype. 


Tak hanya itu Siri kini belajar lebih dalam akan penggunanya. Sehingga ia dapat menawarkan info kontak yang relevan, membacakan pesan hingga mengisi kegiatan di kalender.

Apple turut meningkatkan kemampuan aplikasi Photo. Kini tersemat fitur Face Recognition. Selain itu kemampuan pencarian foto pun ditingkatkan dan ada fitur Memories yang memperlihatkan foto berdasarkan lokasi atau momen yang terkait.

Aplikasi Maps pun ditingkatkan kemampuannya. Pengguna dapat melakukan pencarian selama navigasi berjalan. Tersedia juga tampilan Dynamic View dan kemampuan memesan kendaraan seperti Uber langsung dari Maps.

Apple turut merombak tampilan layanan musik streamingnya. Apple Music kini telihat lebih menarik dan simpel. Layanan ini juga menghadirkan lirik pada lagu yang diputar.

Aplikasi Apple News juga mengalami perombakan tampilan dan sokongan notifikasi. Lalu, Apple juga mengumumkan kehadiran aplikasi Home yang memungkinkan kita mengontrol sejumlah perangkat yang ada di rumah.

Tidak ketinggalan peningkatan kemampuan aplikasi iMessange. Aplikasi pesan ini kini menyokong tampilan emoji yang lebih besar tiga kali, efek buble, digital touch layaknya Apple Watch dan sokongan tulisan tangan.

Apple pun menghadirkan App Store untuk iMessage. Pengguna dapat membeli beragam stiker dan aplikasi. Untuk menampilkan semua itu, pada iMessage, Apple menambahkan app drawer.

Untuk melengkapi fitur utama iOS 10, Apple menambahkan kemampuan pengeditan Live Photos dan Split View pada iPad.

iOS 10 versi developer mulai digulirkan Apple pada 14 June ini. Namun versi finalnya baru boleh didapat pada September 2016 mendatang.

0 komentar: