Everyone is Connected

20160624

Pengguna Android Hati-Hati "Godless" Virus Terbaru Sangat Berbahaya


Youfacom.com - Data riset dari blog keamanan siber Trend Micro baru saja mengungkap hal mengejutkan bagi pengguna smartphone Tanah Air. Bagaimana tidak, data itu menunjukkan aktiviti virus smartphone Android yang menyerang.

Virus Android itu adalah "Godless" versi baru yang menyerang smartphone yang berjalan dengan OS Android Lollipop 5.1. Godless ternyata ditemukan di banyak store aplikasi, termasuk Google Play Store. Artinya, sekitar 90 persen gadget Android di dunia kini sudah terserang Godless.

Trend Micro menambahkan bila saat ini diperkirakan ada lebih dari 850 ribu gadget di dunia yang terjangkit Godless. Kabar buruknya, India dan Indonesia ada di posisi kedua negara dengan jumlah korban Godless terbanyak. Berikut prosentase korban serangan Godless di 5 negara dengan korban terbanyak.

  1. India: 46,19 persen
  2. Indonesia: 10,27 persen
  3. Thailand: 9,47 persen
  4. Filipina: 6,31 persen
  5. Malaysia: 5,01 persen

*Total gadget terinfeksi > 850 ribu

Godless sendiri adalah malware yang memiliki alat untuk me-root sistem operasi Android. Hal ini memungkinkan Godless melakukan rooting tanpa disadari oleh pengguna. Setelah proses root selesai, si hacker pengirim Godless boleh memasang aplikasi berbahaya lain termasuk memata-matai pengguna.

Untuk menghindari serangan Godless, Trend Micro menyarankan pengguna untuk memasang anti virus terpercaya. Selain itu sangat penting untuk tidak memasang aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya.

0 komentar: