Everyone is Connected

20160605

Video: Bukti WhatsApp Boleh Disadap Meski Sudah Pakai Enkripsi!


Youfacom.com - Di awal tahun ini, WhatsApp telah mengUpdate yang membuat semua jenis percakapan di WhatsApp terlindungi sistem enkripsi end-to-end. Sistem enkripsi ini membuat isi percakapan hanya boleh dilihat oleh si pengirim dan penerima, bahkan WhatsApp pun tidak boleh melihat chat penggunanya.

Namun, di bulan June ini muncul bug atau kerentanan sistem yang membuat WhatsApp sekalipun boleh disadap. Kerentanan itu ada di jaringan seluler dunia, Signalling System Seven (SS7). Protokol SS7 adalah sistem pemancar sinyal yang kini di pakai oleh 800 perusahaan telekomunikasi di berbagai negara, seperti Amerika, Inggris Raya, hingga Jerman. WhatsApp ikut terpengaruh kerentanan ini karena aplikasi chatting masih berbasis nomor telepon.

Pada dasarnya hacker mengeksploitasi SS7 menggunakan metode man-in-the-middle atau pembajakan. Kerentanan SS7 memang tidak boleh menembus enkripsi WhatsApp, namun boleh 'menipu' operator seluler untuk membuat pertindihan akaun WhatsApp si target. Setelah si hacker berhasil membuat pertindihan nomor telepon target, dia tinggal memasang aplikasi WhatsApp dan login menggunakan nomor telepon hasil penggandaan untuk menyadap percakapan target.

Untuk lebih jelasnya, simak video berikut ini.

0 komentar: