Everyone is Connected

20160613

Smartwatch Lama Tak Kebagian Android Wear 2.0?


Youfacom.com - Google belum mengumumkan perangkat Smartwatch Android Wear mana saja yang akan mendapat Android Wear 2.0, tapi beberapa perangkat smartwatch generasi pertama agaknya tak akan mendapat update sistem operasi tersebut.

LG, misalnya, mengatakan tak bakal memperbarui OS G Watch generasi awal buatannya. Kini, sebagaimana sumber dari ArsTechnica, Senin (13/6/2016), Motorola pun telah menyatakan bahwa arloji Moto 360 versi pertama tak bakal mendapat Android Wear 2.0. 

Prosesor hardware Moto 360 (chip TI OMAP, single core 1 GHz) memang kurang bertenaga untuk menjalankan OS baru. Namun, G Watch menggunakan chip quad-core Snapdragon 400 seperti yang juga tertanam di Smartwatch generasi baru. Tak jelas apa alasan LG memilih untuk tidak melakukan update.

Samsung hingga saat ini belum mengeluarkan pengumuman resmi. Namun, dilihat dari ketidaktertarikan Samsung terhadap pengembangan Android Wear, pengguna smartwatch Gear Live agaknya hanya punya harapan tipis untuk boleh merasa Android Wear.

Android Wear 2.0 sendiri diperkenalkan dalam event Google I/O, bulan lalu. Update OS ini mengusung sejumlah pembaruan seperti tampilan antarmuka yang dioptimalkan untuk menghemat baterai, keyboard mungil, dan pengenalan tulisan tangan.

Tapi yang paling ketara adalah kemampuan aplikasi  di OS Android Wear 2.0 yang boleh berjalan secara mandiri tanpa perlu bergantung pada smartphone pendamping. Aplikasi boleh langsung terhubung ke internet lewat Bluetooth, Wi-Fi, atau connection seluler.

Fungsi-fungsi baru ini mensyaratkan deretan hardware yang baru pula untuk boleh berjalan, termasuk keberadaan komponen Wi-Fi, speakerinternal, dan dukungan LTE di perangkat smartwatch.k

0 komentar: